Qanaah

PALEMBANG – Apakah anda adalah manusia yang Qana’ah? Qana’ah adalah harta yang tak akan pernah hilang. kekayaan yang tak pernah berhabis. Ustad Totok Haryanto, dalam Spirit Of Ramadhan, Selasa (15/09) menjelaskan bahwa Qana’ah artinya rela menerima dan merasa cukup dengan apa yang dimiliki, serta menjauhkan diri dari sifat tidak puas dan merasa kurang yang berlebihan.

yang terbaik adalah tangan berada di atas, bukan di bawah. Yang tebaik adalah selalu ingin memberi, bukan meminta. Ustad Totok saat ini juga sangat menyangkan bagaimana bulan Ramdahan sepertinya peminta-minta semakin banyak. Ustad Totok menjabarkan bahwa hanya ada tiga golongan saja yang boleh meminta-minta yaitu : 1.- Orang yang menanggung hutang (gharim,untuk mendamaikan dua orang
yang bersengketa atau seumpanya). 2- Orang yang kena bencana, gempa bumi, kebakaran dan lain-lain, sehingga hartanya musnah. 3- Orang yang ditimpa kemiskinan, (disaksikan atau diketahui oleh
tiga orang yang dipercayai bahwa dia memang miskin). Orang itu boleh
meminta-minta, sampai dia memperoleh sumber penghidupan yang layak.

Namun yang perlu dicatat juga adalah ketiga golongan di atas pun boleh meminta-minta dengan batas waktu. “Sampai mereka bisa mendapatkan penghidupan kembali,” maka, Ustad meneruskan, bahwa meminta-minta tidak boleh dijadikan profesi.

Agar tidak menjadi golongan yang suka meminta minta, Qona’a lah! Sifat fitrah manusia memanglah sangat sulit untuk merasakan puas. Batas sepertinya tidak pernah ada, dan hal itu memang sudah sifat kodrati manusia, kita semua punya hawa nafsu yang tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya.Tapi sifat qanaah bisa dipelajari, bisa diraih melalui hal-hal kecil misalnya selalu melakukan sesuatu dengan mengucapkan bismillah di awalnya dan alhamdulillah di akhirnya. (vira)

*Alhamdulillah tulisan ini selesai🙂 *

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: