Syukur

PALEMBANG – Syukur. Sudahkah anda bersyukur hari ini? Kalau belum, bersyukurlah, karena rasa syukur lah yang membuat kita selalu merasa kaya. Spirit Of Ramadhan kali ini, membahas masalah syukur bersama Ustad Haryono kardi Al-javi,Kamis (10/09). Syukur dan sabar adalah dua hal yang saling bekaitan “Keduanya tidak dapat dipisahkan. Syukur adalah sebagian dari iman, sementara sebagian lagi adalah sikap sabar,” ujar Ustad.

Kita sangat perlu mengucapkan syukur secara tulus dari dalam hati karena manusia sudah diberikan bermacam-macam nikmat. Nikmat Jasmani yaitu kesehatan, kemampuan untuk belajar, kemampuan untuk mencari nafkah, mengaktualisasikan diri adalah nikmat jasmani yang diberikan oleh Allah SWT. Selain itu, manusia juga diberikan nikmat rohani yakni perasaan mencintai, perasaan senang ketika menikmati keindahan dan sebagainya. Nikmat rohani ini bersifat abstrak, pengetahuan, akal pikiran juga adalah bagian dari nikmat rohani.

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh manusia untuk mengucapkan syukurnya kepada Allah SWT. Misalnya dengan hati, dengan lisan yakni mengucapkan secara langsung perasaan syukur kita “Berucap alhamdulillah adalah hal yang paling simple yang dapat dilakukan oleh manusia sebagai ekspresi syukur kepada Allah SWT,” himabu Ustad.

Selain dengan lisan, dengan perbuatan dan harta yang kita miliki pun kita dapat mengungkapkan perasaan syukur. Misalnya dengan membantu orang lain, bersedekah dan membayar zakat. Ustad mengatakan “perasaan syukur juga terlihat dari orang-orang yang suka memberi”.

Ada beberapa hal keutamaan orang-orang yang bersykur yakni Allah akan menambahkan nikmat untuk orang tersebut, Allah akan senantiasa memberikan ridho nya, syukur juga dapat mensucikan jiwa seseorang serta mendorong jiwa manusia untuk beramal soleh. Serta perasaan syukur ini juga akan membuat kehidupan sesama manusia menjadi senantiasa harmonis. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: