BIG BAND – EDISI 1

Pada tahun 1927 saxophone mulai banyak digunakan alam kancah musik jazz. Banyak pemain cornet yang pindah ke alat saxophone. Pada masa itulah mulai tumbuh brass section yang terdiri dari saxophone,tenor,alto dan soprano,lalu trumpet alto dan tenor, ditambah beberapa trombone dan clarinet. Dengan demikian jumlah pemainnya menjadi banyak menyerupai orchestra.
Orchestra adalah sebuah kumpulan musik dengan bersetting komplet, yaitu instrument-instrument gesek,tiup,petik,pukul dan lain lain. Lebih kecil dari orchestra adalah ensemble. Pada waktu itu mulai timbul bentuk orchestra atau ensemble yang memainkan musik jazz, dan mempunyai para audience penggemar jazz. Inilah yang disebut sebagai awal mulanya Big Band. Bentuk Big Band kemudian dibuat lebih kecil dari ensemble,namun pemain brass sectionnya komplit. Aransemennya ditulis dalam bentuk partitur untuk masing-masing pemain.
Big Band dan Orchestra itupun kemudian berkembang dengan spesifiknya masing-masing. Ada yang tetap menganut aliran jazz (swing) seperti Duke Ellington Orchestra,Glen Miller, dan lain-lainnya. Ada yang menganut aliran sweet musik seperti Lawrence Welk dan ada yang menganut corak latin seperti Edmundo Ros,Xavier Cugat,Eddie Calvert dan sebagainya.
Para tokoh jazz yang bereksperiment dalam bentuk big band antara lain Fletcher Handerson,Don Redman,Duke Ellington. Juga Louis Russell yang lahir di Panama tahun 1902, dan merupakan anak seorang guru sekolah dan pelatih musik yang bernama Felix Alexander Russell.
Fletcher Handerson lahir tahun 1897. Ayahnya bernama Fletcher Hamilton Handerson Sr adalah kepala Rudolph Training School. Sedang ibunya Ozie Handerson adalah pianis dan guru musik. Sejak usia 6 tahun Fletcher Handerson belajar piano klasik.
Ia sekolah di Atlanta University, mengambil jurusan kimia dan matematika. Tahun 1920 ia pergi ke New York untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kariernya sebagai ahli kimia. Namun kariernya itu tak pernah didapatnya. Waktu itu boleh dikata tak ada job bagi ahli kimia kulit hitam. Untuk menghilangkan rasa kecewanya, ia bekerja pada perusahaan penerbitan Pace-Handy Music Company. Tahun 1921 ia diminta oleh Black Swan (satu satunya black recording company pada waktu itu).
Pada tahun 1923 Handerson membentuk band untuk main di Alabam Club. Band tersebut awalnya bukan jazz band, tapi band pengiring ball room dance, dengan irama waltz,foxtrot dan lain-lain. Band tersebut beranggotakan para musisi yang dikemudian hari menjadi musisi ternama seperti Coleman Hawkins,Charlie Green, Joe Smith dan arranger Don Redman. Pada tahun 1924 Armstrong sempat bergabung dengan band ini, dimana band tersebut sudah berubah menjadi big band. Fletcher Handerson meninggal pada tahun 1967. (Eko Adji)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: