HET Pupuk Urea Diperkirakan Naik

PALEMBANG – Diperkirakan harga eceran tertinggi (HET) pupuk urea akan naik. Menurut Direktur Keuangan PT Pusri, Wiyas Y Hasbu, bila HET pupuk urea tetap maka diperkirakan dengan kebutuhan pupuk urea se Indonesia 6 juta ton, maka anggaran subsidi cukup sampai bulan Agustus saja. Bila dinaikan maka diperkirakan anggaran akan mencukupi hingga akhir tahun. Tetapi kenaikan itu relatif cukup besar.

Dijelaskan, dengan subsidi Rp 17 triliun hanya akan mencukupi kebutuhan pupuk sebanyak 5,5 juta ton. Kalau haik menjadi 6 juta ton maka akan kurang. Tetapi ada mekanisme bila kekurangan anggaran dapat diajukan melalui APBN Perubahan.

“Setiap tahun APBN Perubahan ada dan pemerintah melakukan review terhadap realisasi sampai dengan semester pertama,” ujar Wiyas.

Wiyas belum mau menyebutkan tingkat kenaikan yang akan terjadi dari Rp 1.200 per kilogram pupuk urea. Meski disodorkan perkiraan kenaikan mencapai 80 persen dari harga sekarang, tetapi ia belum mau mengiyakan perkirakan tersebut.

Meski mengalami kenaikan harga pupuk urea, Wiyas berpendapat pemerintah punya mekanisme tersendiri agar pupuk tetap dapat terjangkau oleh masyarakat. Selaku produsen pupuk, PT Pusri bertugas menyalurkan pupuk dengan tepat waktu dan dengan harga yang terjangkau.

“Tetapi kebijakan apa yang diambil pemerintah secara nasional, itu adalah urusan pemerintah melalui persetujuan dari DPR,” ujarnya.(Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: