Dishub Sumsel Alih Fungsikan PPT Menjadi Posko Mudik Lebaran 2009

PALEMBANG – Dinas Perhubungan Sumsel pada lebaran ini ternyata tidak menutup total operasional PPT (Pos pelayanan Terpadu) yang ada di Sumsel, PPT tersebut akan diubah kegunaannya menjadi pos pelayanan mudik lebaran tahun 2009 yang akan melayani para pemudik untuk beristirahat.

Kepala UPTD Pos Pelayanan Terpadu Dinas Perhubungan Sumsel, Fahrul Resalip kepada wartawan di gedung DPRD Sumsel mengatakan pada H-7 hingga H+7 hari raya Idul Fitri, sesuai peraturan menteri perhubungan bahwa pos pelayanan terpadu harus ditutup dan tidak boleh beroperasi. Namun, pos pelayanan terpadu tersebut akan dialih fungsikan sebagai pos pelayanan arus mudik lebaran 2009 yang digunakan untuk melayani masyarakat dengan fasilitas tempat istirahat, WC, tempat sholat dan lainnya.

Fahrul Resalip melanjutkan PPT yang dijadikan sebagai pos pelayanan mudik lebaran nantinya yakni seluruh PPT yang ada di Sumsel, antara lain di Pematang panggang (perbatasan Lampung – Sumsel), Senawar Jaya (perbatasan Jambi – Lampung), Kota Baru (Martapura), Merapi (Lahat) serta Nibung (Mura).

“Kegiatan kami selama 14 hari ini, ya ini melayani masyarakat yang mudik baik dari Sumsel maupun yang menuju keluar Sumsel” ujar Fahrul.

Terkait adanya Dinas Perhubungan kabupaten/kota yang sudah mengeluarkan himbauan larangan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Fahrul menegaskan larangan tersebut merupakan kebijakan pemerintah daerah setempat. Namun, pemudik yang menggunakan kendaraan roda ini tidak akan mengganggu karena hanya sekedar melintas untuk menghindari kemacetan saat mudik.

“Kami tidak akan mengeluarkan himbauan larangan mudik menggunakan motor karena itu hak asasi masyarakat” tegasnya.

Menurut Fahrul, pada lebaran tahun ini Dinas Perhubungan Sumsel memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua akan mengalami peningkatan sekitar 10 – 15 persen. Arus mudik yang menggunakan kendaraan roda dua ini akan dominan di daerah Pematang Panggang, OKI.

Fahrul berharap para pemudik baik yang menggunakan roda dua maupun roda empat dapat mematuhi peraturan lalu lintas di jalan raya dan melengkapi seluruh perlengkapan berkendaraan.(Ino)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: