CJH Sumsel Bakal Dapat Tambahan Ongkos Transportasi

PALEMBANG – Evaluasi Menteri Dalam Negeri terhadap APBD Perubahan 2009 menginstruksikan kepada Pemprov Sumsel untuk tidak menggunakan uang dari biaya pemungutan pajak atau retribusi 2009 yang mencapai Rp16,6 miliar. Panitia anggaran DPRD Sumsel pun sepakat Rp7 miliar dari jumlah tersebut dialokasikan untuk mensubsidi calon jemaah haji Sumsel musim haji tahun ini. Sedangkan, sisanya Rp9,6 miliar masuk dalam pos bantuan Gubernur Sumsel untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan. Tentu, dengan persetujuan DPRD Sumsel.

Sebelumnya, Ketua DPRD Sumsel, Drs H Zamzami Achmad menegaskan, evaluasi Mendagri tersebut diterima pada 3 September lalu. Sehingga dengan mengacu peraturan yang ada, hasil evaluasi tersebut disampaikan kepada panitia anggaran DPRD Sumsel untuk diputuskan menjadi keputusan pimpinan.

“Setelah mendapat persetujuan Pimpinan DPRD selanjutkan putusan itu disampaikan kepada paripurna DPRD Sumsel” ujar Zamzami.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Anggaran DPRD Sumsel, Drs H Elianuddin HB menambahkan, berdasarkan aturan upah pungut pajak tersebut memang sah dan diatur dalam perundang-undangan. Namun yang selama ini terjadi hasil dari upah pungut (retribusi) tersebut dibagikan ke sejumlah SKPD.

“Berdasarkan instruksi mendagri seharusnya instansi yang mengelola itu yang mendapat dana tersebut. Pencoretan oleh Mendagri prinsipnya untuk efisiensi karena mungkin dia tidak mau ada instansi yang tidak mengelola, tapi kecipratan,” jelasnya.

Menurut Elianuddin, sumber dana tersebut dari pajak kendaraan bermotor (PKB), BBNKB dan retribusi. Total upah pungut di Sumsel sebesar Rp70 miliar, namun yang tidak boleh digunakan sebesar Rp16 miliar.

Anggota panitia anggaran DPRD Sumsel, Zahruddin Hodsay menjelaskan awalnya dana itu akan dimasukan ke silpa 2009, tapi kita menyepekati Rp 7 miliar dana itu, digunakan untuk transpor jemaah Sumsel di tanah suci nanti. Jadi, jika diasumsikan jumlah JCH di Sumsel 6 hingga 7 ribu orang, tiap CJH akan mendapat Rp 1 juta. (Ino)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: