Lebaran, Sumsel Perlu Tambahan Sapi

PALEMBANG – Kebutuhan daging sapi jelang hari raya Idul Fitri diperkirakan mengalami peningkatan yang cukup tajam. Jika hari-hari biasa pasokan kebutuhan sapi hanya sebanyak 100 ekor sapi per hari, pada hari raya Idul Fitri mendatang untuk kebutuhan daging se Sumsel diperkirakan akan mengalami peningkatan menjadi sekitar 500 ekor sapi per hari.

Dikatakan Plt. Kepala Dinas Peternakan Prov. Sumsel, Asrillazi kepada pers di gedung DPRD Sumsel bahwa dengan adanya perkiraan peningkatan kebutuhan daging sapi pada hari raya Idul Fitri mendatang, menyebabkan Sumsel harus mendatangkan sapi dari Provinsi Lampung. Bila tidak dikhawatirkan akan mengalami kekurangan pasokan daging untuk Idul Fitri.

Asrillazi melanjutkan dalam waktu dekat, sapi-sapi dari Lampung tersebut akan tiba di Sumsel dan akan langsung didistribusikan ke daerah-daerah kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

“Kebutuhan diperkirakan mulai meningkat sekitar H-7 sebelum lebaran. Itu perlu diantisipasi agar tidak kekurangan stok daging,” ujar Asrillazi.

Terkait harga daging yang semakin melambung menjelang lebaran. Menurut Asril, diharapkan asosiasi peternak sapi ikut andil dalam menahan harga daging sapi tersebut.

“Kita minta bantu asosiasi agar jangan mengambil keuntungan yang besar karena sebelumnya beberapa waktu lalu harga sudah naik,” ujarnya.

Disisi lain Asril mengaku akan menerapkan kebijakan pembelian daging. Para pegawai negeri diharapkan membeli daging secara kolektif yang dikoordinir instansi terkait. (Ino)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: