Bersaudara

PALEMBANG – Ukhuwah Islamiyah adalah persaudaraan antar muslim. Umat Islam ibarat satu tubuh. Jika satu anggota tubuh merasakan sakit maka anggota tubuh lain akan merasakan hal sama. Seperti saat ini sedang terjadi musibah di Jawa Barat, selayaknya kita sesama Umat muslim ber empati kepada para korban yang ada di sana. Bisa kita saksikan saat ini banyak dari kita yang memberikan sumbangan serta melakukan sholat Ghaib, hal ini karena kita semua bersaudara karena Allah SWT.

Paragraf di atas adalah opening note Ustad Syaifurahman dalam Spirit Of Ramadhan, Sabtu (5/09). Dalam menjaga persaudaarn antar sesama Umat Muslim ini, banyak hal-hal kecil yang dapat kita lakukan misalnya, mengucapkan salam setiap bertemu, meberikan wajah yang ceria, bertakziah, menjenguk orang sakit dan lainnya.

Ustad mengatakan bahwa cinta selalu hangat untuk dibicarakan, manusia tidak pernah puas dalam melakukan pembahasan tentang cinta. Hingga saat ini tidak ada orang yang bersepakat mengenai definisi cinta. nah, cinta inilah yang seharusnya menjadi spirit bagi manusia. Dalam sebuah buku Syeh Jasin Muhahil jasin mengungkapkan bahwa Cinta adalah kecenderungan jiwa kepada sesuatu yang menurutnya baik. Karena itulah di sana sini ada cinta. Cinta orang tua kepada anak dan sebaliknya, cinta kepada saudara, cinta kepada lawan jenis dan lain-lain.

Mencintai apapun termasuk cinta sesama muslim harus dilakukan karena dorongan cinta terhadap Allah SWT. “Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (Al-Hujurat: 10)”. Orang-orang yang beriman adalah bersaudara. Cinta menurut ayat ini adalah konsekuensi logis dari ayat ini, sehingga jika orang-orang beriman, berarti ia juga mencintai sesamanya. Jadi, jika orang mencintai sesamanya dengan kadar sedikit, itu artinya kada imannya juga sedikit. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: