Kendaraan Dinas Boleh untuk Mudik

PALEMBANG) – Kendaraan dinas milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang diizinkan dipakai untuk keperluan mudik Lebaran.Tetapi,untuk kebutuhan tersebut,setiap pegawai dan kepala kantor/unit/- dinas/instansi harus dengan seizin pimpinan.

“Ya, boleh-boleh saja pegawai atau pimpinan menggunakan mobil dinasnya, saya kira tidak perlu dilarang.Kasihan juga,kalau pegawai harus naik angkutan umum, sementara kendaraan dinas harus ditinggalkan di rumah atau di kantor,” kata Wakil Wali Kota Palembang H Romi Herton .

Menurut Romi,penggunaan kendaraan dinas memang perlu sejauh untukkepentingankedinasan,seperti untuk menghadiri pelantikan atau menghadiri undangan rapat.Namun, penggunaan kendaraan dinas untuk keperluan pribadi, seperti halnya mudik Lebaran ke kampung halaman juga tidak masalah, selagi tidak mengganggu aktivitas kedinasan. “Apalagi, saat Idul Fitri sudah diberikan libur dan cuti bersama bagi seluruh pegawai,termasuk pejabat.

Jadi, silakan saja (menggunakan kendaraan dinas),mungkin untuk silaturahmi bersama keluarga,” katanya bijak. Romi menjelaskan, kendaraan dinas diberikan guna menunjang operasional seorang pegawai atau pejabat di suatu dinas/instansi.Dia mencontohkan, seorang pegawai kelurahan yang bertugas di salah satu kelurahan yang berbeda dari tempatnya tinggal, tentu kendaraan dinas seperti sepeda motor akan digunakan atau dibawa ke rumah.

Begitu pun penggunaan mobil dinas di luar kegiatan kedinasan, seperti mudik Lebaran, menurut Romi, adalah hal yang lumrah dan tidak perlu ditanggapi berlebihan.

Sementara itu, pemerintah propinsi Sumatera selatan , tetap melarang penggunaan mobil dinas untuk mudik lebaran. Menurut Sekda Sumsel, Musrif Suwardi, hal ini sudah jelas aturannya.(SI/Bur/Jon)

    • jay
    • September 4th, 2009

    tanggapan saja boleh saja pak, di pakek untuk lebaran saja,gak untuk hari lain,mungkin juga untuk mempererat silaturahmi dengan berkunjung ke taman dinas,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: