5 Pilkada di Sumsel Terancam Tanpa Pengawasan

PALEMBANG – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di lima kabupaten di Sumatera Selatan yaitu Kabupaten Musi Rawas (Mura), Ogan Ilir (OI),Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur dan OKU Selatan yang memasuki tahapan pada awal 2010 terancam tanpa pengawasan dari panitia pengawas pemilu (Panwaslu).

Pasalnya, jika mengacu pada UU No 22/2007 yang mengatur masa jabatan anggota Panwaslu disebutkan, masa jabatan anggota Panwaslu hingga dua bulan setelah pelantikan calon DPRD terpilih ataupun pasangan Pilpres 2009 terpilih.Maka mengacu pada UU No 22/2007 ini, jabatan Panwaslu Sumsel segera berakhir Desember mendatang. Ketua Panwaslu Sumsel Ruslan Ismail mengatakan, hingga saat ini Panwaslu di tingkatan provinsi maupun kabupaten/kota masih bersifat ad-hoc (kepanitiaan).

Sementara pada awal 2010 tercatat setidaknya ada 245 kabupaten/kota dan tujuh provinsi di Indonesia yang melaksanakan Pilkada, termasuk lima di antaranya di Sumsel.

“Tidak mungkin jika Panwaslu ditiadakan. Pilkada terancam tanpa pengawasan jika Panwaslu tak sesegera mungkin dipermanenkan atau setidaknya diperpanjang masa tugasnya,” ujar Ruslan.

Selain itu pembentukan keanggotaan Panwaslu yang baru menurut Ruslan tentunya tak efisien dan efektif di tengah-tengah mendesaknya pelaksanaan tahapan Pilkada yang segera memerlukan pengawasan Panwaslu.

Selain dibutuhkan waktu yang tak sedikit bagi anggota Panwaslu yang baru nantinya untuk beradaptasi, juga dibutuhkan dana yang tidak sedikit.DimanamencapaiRp8miliar lebih hanya untuk melakukan pelantikan anggota Panawaslu se- Indonesia. “Karenanya kami mengajukan judicial review terhadap UU No 22/2007 itu,dan telah mendapat dukungan dari Komisi II DPR. Untuk setidaknya terlebih dahulu mendorong dibuatnya Perpu pengganti UU itu untuk sementara,”terang Ruslan lebih lanjut. (SI/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: