Tawakal

PALEMBANG – Menjadi tawakal bukan berarti menjadi pasrah. Ada jarak yang tebal antara tawakal dan pasrah. Hal ini disampaikan oleh Ustad Suhaely Ibrahim, Lc dalam Spirit Of Ramdhan, Selasa (1/09). Menurut pengertianya tawakal yakni kesungguhan hati dalam bersandar kepada Allah untuk mendapatkan kemaslahatan serta mencegah bahaya, baik menyangkut urusan dunia maupun akhirat. Allah, ”Dan barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan jadikan baginya jalan keluar dan memberi rizqi dari arah yang tiada ia sangka-sangka, dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, maka Dia itu cukup baginya.” (Ath Tholaq).

Bertawakal itu berserah kepada Allah sambil melakukan sebab-sebab untuk mencapai tujuan tersebut yang sesuai dengan syariat. jadi, jika orang beranggapan bahwa emas akan turun dari langit dengan kita berdoa sepanjang hari tanpa melakukan apa-apa adalah hal yang musyrik, tidak ada yang demikian itu.

Ustad Suahely memberikan analogi burung, Ia bercerita “burung pagi-pagi lapar, maka ia terbang ke sana kemari untuk mendapatkan makanan, dan si burung mendapatkannya. Karena memang rezeki dari Allah SWT ini adalah seluas alam raya, jika ingin mendapatkannya berusahalah”. Ustad juga mengatakan bahwa di dunia ini Allah memberikan dua puluh pintu rezki, 19 diantaranya berasal dari berdagang. Wah, harus siap-siap jadi entrepreneur nih!!!

Di akhir Spirit Of Ramadhan, Ustad menceritakan tentang kisah Nabi Muhammad SAW, pada suatu perang, Nabi kelelahan, Beliau duduk di bawah sebatang pohon hingga ia tertidur. Saat itu, ada seorang musuh yang sudah menghunuskan pedang ke arah leher nabi, saat itu sang musuh berkata kepada Nabi Muhammad SAW “Saat ini kepada siapa kau akan meminta pertolongan ya Muhammad?” dengan lantang Nabi berkata “Allah” pada saat itu, sang musuh menjadi gentar, bergetarlah tangannya hingga pedang yang ia pegang terlepas. Tawakal teman, tawakal kuncinya! (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: