DPRD Sumsel Sidak Pasar Tradisional di Palembang

PALEMBANG – Jelang hari raya Idul Fitri tahun 2009, Komisi II DPRD Sumsel bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel lakukan inspeksi mendadak (sidak) di salah satu pasar tradisional yang ada di kota Palembang. Dari inspeksi mendadak yang dilakukan ke Pasar Cinde Palembang, Komisi II DPRD Sumsel mendapati harga beberapa komoditi dan kebutuhan pokok sudah mengalami kenaikan dari sehari sebelumnya.

Koordinator Pasar Cinde Ali Hasan mengatakan beberapa macam kebutuhan seperti telor ayam, cabe merah, kacang tanah dan beberapa komoditi sudah mulai merangkak naik, namun ada juga komoditi yang mengalami penurunan harga seperti bawang merah yang mengalami penurunan dari harga sehari sebelumnya.

“Untuk pasokan barang kebutuhan pokok dan komoditi lainnya sampai hari ini relatif stabil dan lancar.” ujar Ali Hasan.

Menurut Ali hasan, kenaikan yang paling tinggi untuk hari ini terjadi pada harga cabe merah namun saat ini harga relatif stabil. Diperkirakan bahwa kenaikan harga akan terjadi H-3 sebelum lebaran. Selanjutnya pada H-2 dan H-1 semakin naik harganya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Sumsel Agus Sutikno usai sidak mengatakan yang harus di khawatirkan saat ini yakni ketersedian dan pasokan minyak sayur dan gula pasir karena minat masyarakat membeli minyak sayur dan gula pasir ini menjelang Idul Fitri akan terus meningkat.

“Diharapkan SKPD terkait yakni Dinas Perindustiran dan Perdagang Sumsel dapat terus melakukan pengawasan dan pantauan ketersedian kedua komoditi ini dan komoditi lainnya.

Dari hasil sidak, harga telor ayam naik dari Rp 13 ribu per kilogram hari ini menjadi Rp 14 ribu per kilogram. Cabe merah naik dari Rp 15 ribu menjadi Rp 20 ribu per kilogram. Sedangkan bawang merah mengalami sedikit penurunan dari harga sebelumnya, yakni dari Rp 12 ribu per kilogram menjadi Rp 10 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk harga beras relatif stabil belakangan ini. Untuk beras kualitas I Rp 7.000 per kilogram, kualitas II Rp 6.500 per kilogram dan beras kualitas III Rp 5.800 per kilogram. Sedangkan daging Rp 62 ribu sampai Rp 65 ribu per kilogram, daging ayam berkisar Rp 28 ribu per kilogram. (Ino)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: