Sabar

PALEMBANG- Sabar itu tidak ada batasnya! hal ini disampaikan oleh Ustad Totok Haryanto, Lc (so far, he is one of my favorite speaker), Ustad Totok mengatakan bahwa jika sabar itu ada batasnya, berarti hanya sampai distulah ia sabar. bersabarlah seperti nabi-nabi Allah SWT, belajarlah sabar dari mereka. tapi ustad, kita kan cuma manusia? tapi manusia adalah ciptaan Allah SWT yang paling sempurna.

Belajarlah kesabaran dari Nabi Ayub yang diberikan penyakit hingga tubuhnya ditumbuhi belatung, belajarlah kesabaran dari Nabi Nuh yang bahkan istri dan anaknya sendiri menjadi penentangnya, Belajarlah kesabaran dari Nabi Muhammad SAW.

Bersabar itu terbagi menjadi bersabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, Bersabar untuk tidak melakukan hal-hal yang diharamkan Allah “Puasa adalah bagian dari ksebaran untuk menunggu berbuka dan tidak makan selama masa puasa itu,”. Bersabar juga dilakukan dalam menghadapi takdir-takdir Allah yang dialaminya.

Misalnya kesabaran kita diuji melalui musibah yang ada, Allah ingin melihat sejauh mana kita sabar dan tawakal kepada Nya, apakah dengan musibah kita semakin mendekatkan diri kepada Allah atau malah semakin menjauh. Musibah, seringkali adalah salah satu wujud dari kecintaan Allah kepada manusia.

Sebaliknya juga, jika manusia merasa bahwa dalam hidpunya selalu diberikan berkah, tak ada kesulitan yang berhati-hati, dengan itu pula manusia tersebut tidak memanjatkan syukurnya kepada Allah, maka manusia yang demikian itu harus berhati-hati, karena mungkin Allah menyimpan balasannya kelak di akhirat nanti. Jadi lebih baik mana? langsung diberi cobaan di dunia? atau disimpan untuk diakhirat? (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: