Dewan Usul Penambahan Ongkos Transportasi JCH

PALEMBANG – Biaya transportasi jemaah haji asal Sumsel diusulkan untuk ditambah. Hal itu mengingat jarak antara Maktab tempat jemaah haji asal Sumsel menginap dengan Masjidil Haram cukup jauh. Belum lagi bila mengingat musim haji tiba, biaya transportasi di Tanah Suci akan naik.

Wakil Ketua Panitia Anggaran DPRD Sumsel Elianuddin HB mengatakan, paling tidak ongkos transportasi bagi jemaah sebesar Rp 1 juta per orang atau setara dengan 300 riyal. Hitungannya, bila di hari biasa ongkos transportasi sekali jalan 2-3 Riyal, maka pada musim haji diperkirakan 5-10 riyal untuk per orang. Jadi untuk pulang pergi sekitar 20 Riyal per orang. “Bila diperkirakan jemaah berada 15 hari di Mekkah, maka 20 riyal x 15 hari sama dengan 300 riyal. Bila dikonversi ke nilai rupiah sekitar Rp 1 juta,” terang Elianuddin.

Sebelumnya memang telah diusulkan ongkos transportasi di tanah suci sebesar 100-200 riyal per jemaah. Namun, jumlah tersebut dinilai masih relatif kecil dan tidak signifikan membantu jemaah.

Menurut Elianuddin, bantuan tersebut dapat diambilkan dari pos belanja sosial atau bantuan sosial. Salah satunya dari pos bantuan untuk TVRI yang dialihkan kepada para jemaah jemaah calon haji sebagai bantuan untuk ongkos transportasi. (Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: