Nikmat Bertobat

PALEMBANG – Islam mengenal hierarki dosa. Terklasifikasi sebagai dosa paling besar, dosa besar, dosa ringan. Ustad Suhaely Ibrahim, Lc, narasumber Spirit Of Ramadhan, Kamis (27/08) mengemukakan bahwa di bulan Ramadhan ini Allah akan menghapuskan dosa-dosa umatnya, terkecuali dosa besar. (betapa seremnya dosa besar ini hingga bulan yang penuh berkah inipun tak bisa ‘mendelete‘ nya)

Yang tergolong dalam dosa-dosa besar tersebut yakni :syirik, durhaka kepada kedua orang tua, bohong, sihir, membunuh, memakan harta anak yatim, riba, lari saat perang, menuduh wanita baik baik berzina.

Sebetulnya episode kali ini bukan membahas dosa-dosaan, tetapi lebih pada nikmatnya bertobat. dalam melakukan pertobatan ini ada tiga hal yang dapat dilakukan, yakni 1) menyesali 2) mengakui lalu memohon ampun 3) istighfar, lantas tidak akan melakukannya lagi.

Pertobatan juga hendaknya tidak dipermainkan “Misalnya ada orang suka minum minuman keras lalu bertobat, namun selanjutnya ia kembali mabuk-mabukkan karena berpikir bahwa ia bisa bertobat kembali,” Diungkapkan oleh sutad bahwa pertobatan ini tidak berkah, tidak diterima oleh Allah SWT karena pertobatan bermakna menyesali perbuatannya dan tidak akan mengulangi perbuatan tersebut. (vira)

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: