Indahnya Berbagi Dengan Sesama

PALEMBANG – Memberi dalam Islam ternyata banyak tipenya, Ada Zakat, Infaq dan Sedekah. Hal ini diungkapkan oleh Ustad Haryono, dalam Spirit Of Ramadhan, Rabu (26/08). Zakat diberikan dengan perhitungan tertentu kepada orang-orang tertentu. Sementara pengertian infaq adalah mengeluarkan harta yang mencakup zakat dan non zakat. Infaq ada yang wajib dan ada yang sunnah. Sedangkan sedekah dapat diberikan kepada siapa dan kapan saja.

berbagi itu indah, apalagi jika kita mengingat bahwa harta pada hakikatnya hanyalah titipan dan ujian dari Allah. Lalu Ustad, mengapa ada orang yang dititipkan oleh Allah sedikit harta, dan ada yang banyak harta? “Karena itu tadi, harta adalah ujian, jika dititipkan harta yang banyak, apakah seseorang mau bersedekah, jika sedikit, apakah seseorang itu dapat terus istiqomah dan ikhlas kepada Allah,” Jawab Ustad.

Berbagi kepada sesama juga adalah bagian dari Umat Muslim untuk tetap menjaga Ukhuwah Islamiyah. hakikat ajaran Islam yaitu kesempurnaan akhlak kepada sesama manusia. “jadi hubungan yang baik tidak hanya kepada allah SWT tetapi juga secara horizontal, kepada sesama manusia”, papar Ustad Haryono.

Nah, dalam berbagi ini pun manusia hendaknya berhati-hati dikarenakan terdapat pula penyakit dalam berbagi. “Penyakit ini yaitu Riya’ dan sombong. Memberi agar dapat dilihat oleh orang lain sehingga merasa terpandang lalu tinggi hati,” Hal ini diungkapkan oleh Ustad Haryono, harus sangat dihindari, karena berbagi yang seperti ini bukan malah memberi manfaat yang baik, namun malah sebaliknya. (vira)

  1. Betul. berbagi itu bagus. tetapi dari kebanyakan kita, sering kali pandai mengalikan, menambah dan mengurangi. kalau sudah membagi sering lupa. Tul nggak?

    Salam
    Imron S

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: