Sehat Lahir dan Batin

PALEMBANG – Mens sana in corpore sano, di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Puasa menyehatkan badan dan juga menyehatkan jiwa. Inilah yang dikatakan oleh Ustad Sumarno dari DSIM (Dompet Sosial Insan Mulia) mengawali Spirit Of Ramdahan, Selasa (25/08) pukul 16.30 – 17.30 di Trijaya FM.

Puasa itu bikin sehat! Karena pola makan kita teratur. Puasa akan jadi tidak sehat jika kita menjadikan puasa sebagai sarana berfoya-foya jika waktu berbuka tiba. “kalau makan yang seimbang sesuai dengan porsi yang pas bagi kebutuhan masing-masing tubuh, kita pasti sehat. Semua orang tidak perlu diajari apa yang seimbang dan sehat, karena pada dasarnya, semua orang sudah tau mengenai hal itu,” Ujar Ustad Sumarno.

Untuk menjaga kualitas puasa, kita diminta untuk menahan diri dari hal-hal yang sia-sia atau tidak ada manfaatnya. Selain menjaga perut agar makan yang halal, baik, dan bergizi. Puasa melatih menahan diri dari rasa lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. puasa juga meminta kita untuk menjaga lisan, menjaga mata dan menjaga telinga. Contoh konkrit nya apa Ustad? “Nggak bergosip, nggak menonton gosip, nggak nonton sinetron.” Lho koq sinetron? Ustad Sumarno mengemukakan bahwa sinetron yang nggak ada ujung pangkalnya itu tergolong aktivitas yang sia-sia alias tidak ada manfaatnya.

Ustad Sumarno juga meminta umat Muslim untuk berhati-hati dalam berpikir karena bahkan sekedar berpikir pun bisa menyebabkan batal puasa “memang ada pandangan yang berbeda mengenai ini, ada yang mengatakan bahwa niat batal puasa akan membatalkan puasanya, ada juga yang menyatakan bahwa tidak membatalkan,” jadi Ustad Sumarno menganjurkan sebaiknya pikiran dan hati sebaiknya dijaga untuk berpikir yang baik-baik saja (vira)

  1. kutipan yang menarik…
    saya juga sedikit membahas tentang kesehatan lahir, batin, ruhani di Kesehatan Hakiki : Sehat Sempurna Seimbang Lahir Batin Ruhani semoga bisa memberi tambahan informasi.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: