Tiga Kabupaten Dipastikan Gelar Pemilukada Serentak

PALEMBANG – Pada pertengahan tahun 2010 mendatang, s ebanyak lima kabupaten yang ada di provinsi Sumsel akan menggelar pemilahan umum kepala daerah (pemilukada). Dari lima kabupaten, yakni OKU, OKUT, OKUS, OI dan Mura, sebanyak tiga kabupaten dipastikan akan melaksanakan pemilukada pada hari yang sama atau serentak.

Dikatakan anggota KPU Prov. Sumsel, Ong Berlian kepada pers di Palembang bahwa dipertengahan tahun 2010 nanti, akan ada lima kabupaten di Sumsel yang akan menggelar pemilukada dan saat ini jadwal pelaksanaan pemilukada tersebut telah disampaikan oleh KPU kabupaten ke KPU Sumsel.

Ong Berlian menambahkan dari lima kabupaten tyersebut sebanyak tiga kabupaten yakni OI, OKUT dan OKU dipastikan akan menggelar pemilukada secara serentak yaitu pada tanggal 25 Juni 2010.

“Sedangkan untuk kabupaten Mura, jadwalnya belum masuk ke KPU Sumsel karena masih dalam proses pembahasan di DPRD kabupaten Mura, namun diperkirakan tidak akan jauh dari jadwal kabupaten yang lainnya” ujar Ong Berlian.

Menurut Ong Berlian, dari jadwal pemilukada kabupaten yang sudah diterima oleh KPU Sumsel, cuma KPU OKUT saja yang menjadwalkan pemilukada kabupatennya selama dua putaran. Dimana untuk putaran pertama dijadwalkan digelar pada 12 Mei 2010 dan putaran kedua direncanakan akan digelar pada 1 juli 2010.

Berkaiatan dengan masalah DPT, Ong Berlian menegaskan pada pemilukada kabupaten nantinya masalah DPT tetap menjadi masalah yang krusial. Oleh karena itu, KPU Sumsel menghimbau lima kabupaten yang akan menggelar pemilukada memperhatikan masalah tersebut dengan melaksanakan pemuktahiran data pemilih sebaik mungkin melalui door to door.

“Yang sudah didata nantinya, rumah tersebut harus ditempeli stiker sebagai bukti bahwa rumah tersebut sudah didata.” tegas Ong Berlian.

Ong Berlian melanjutkan sebelum digelarnya pemilukada tersebut, KPU kabupaten yang akan menggelar pemilukada ada baiknya melakukan studi banding kesejumlah kab/kota yang sudah berpengalaman menggelar pemilukada. (Ino)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: