Caleg Hanura Terancam Tak Dilantik

PALEMBANG – DPC Partai Hanura Kota Palembang hingga saat ini ternyata belum juga lakukana usulan pergantian caleg terpilih DPRD Kota Palembang atas nama Joni Sopianto yang berasala dari partai Hanura yang terindikasi berijazah palsu. Saat ini usulan penggantian caleg atas nama Joni Sopianto tersebut telah diputuskan oleh KPU Kota Palembang, 21 Agustus 2009.

Anggota KPU Kota Palembang Yudha Mahrom Dharma Saputra yang ditemui Selasa (25/8) menjelaskan, penggantian tersebut terkait dengan syarat administrasi dari yang bersangkutan yang tidak memenuhi syarat.

“Penggantinya adalah caleg dari partai dan dapil yang sama dengan perolehan suara terbanyak setelah Joni. Dari daftar yang berhak menggantikannya adalah Ali Subri, caleg nomor urut 3,” ujar Yudha.

Dijelaskan bahwa kemungkinan besar bahwa caleg dari Partai Hanura tersebut tertunda proses pelantikannya. Hal tersebut karena belum ada jawaban dari Partai Hanura untuk menggantikan calon terpilih belum ada hingga saat ini.

Padahal daftar caleg terpilih untuk DPRD Kota Palembang segera diserahkan ke Sekretaris DPRD Kota Palembang. Selanjutnya akan diusulkan ke Gubernur Sumsel untuk dibuat surat keputusan.

“Jadi caleg terpilih dari Partai Hanura tersebut akan diusulkan ditunda proses peresmiannya,” ujar Yudha.

Selain dari Partai Hanura, PDI Perjuangan Kota Palembang juga mengusulkan penggantian dua orang caleg terpilih pada Pemilu Legislatif 2009. Namun penggantian tersebut belum dapat disetujui oleh KPU Kota Palembang. (Ino)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: