Awal Puasa 22 Agustus 2009

JAKARTA — Rapat itsbat yang digelar pemerintah di Departemen Agama menetapkan, awal Ramadan 1430 H jatuh pada hari Sabtu, 22 Agustus 2009. Keputusan ini berdasarkan pemantauan hilal (bulan) di seluruh Indonesia saat matahari terbenam, Kamis (20/8) petang.

“Hasil hisab yang dihimpun dari berbagai sumber di antaranya Nahdatul Ulama, Dewan Dakwah Islamiyah, Persatuan Umat Islam dan Al Irsyad serta lainnya, kalendernya menetapkan, ijtima 1 Ramadan atau akhir Syakban jatuh pada hari Kamis tanggal 20 Agustus 2009 M pukul 17.02 WIB. Saat matahari terbenam, posisi hilal masih berada di bawah ufuk, yaitu -3 derajat 5 detik dan -0 derajat lima detik,”kata Ketua Badan Hisab dan Rukyat Departemen Agama, Muchtar Iljas saat melaporkan kepada pimpinan sidang itsbat, Menteri Agama M Maftuh Basyuni, Kamis (20/8).

Menurutnya, titik pantauan hilal selain dilakukan oleh Depag dan Kemenkominfo serta LAPAN, juga dilakukan oleh masyarakat di 29 tempat dari Papua hingga Nangroe Aceh Darussalam (NAD).

“Sampai waktu Magrib kesemuanya melaporkan belum melihat hilal. Jadi berdasarkan semua laporan yang masuk itu, disepakati bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, 22 Agustus 2008,” lanjutnya.

Ditambahkannya, pada saat dilakukan rukyat, cuaca memang dalam keadaan terang kecuali Ternate yang hingga kini masih ditutupi awan karena hujan. (sripo)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: