Pemprov Siapkan Dana Rp 1,3 M untuk Bantu Parpol

PALEMBANG – Pemprov Sumsel menyiapkan dana sekitar Rp 1,3 miliar setahun untuk diberikan kepada parpol. Dana hanya akan diberikan kepada parpol yang mendapatkan kursi di parlemen berdasarkan Pemilu Legislatif 2009 lalu. Kepala Badan Kesbangpol Pemprov Sumsel Rusli Nawi mengatakan, ada 13 parpol yang berhak mendapatkan dana tersebut.

“Penghitungannya berbeda dengan penghitungan dana parpol pada Pemilu 2004 lalu,” ujarnya yang ditemui Selasa (18/8).

Dijelaskan penghitungan berdasarkan jumlah suara yang diperoleh parpol pada Pemilu 2009 lalu. Ada 13 parpol di DPRDSumsel yang berhak mendapatkan bantuan dana tersebut. Besarnya dihitung berdasarkan perolehan suara parpol Rp 405 per suara. Sedangkan untuk yang lalu, bantuan untuk parpol berdasarkan perolehan jumlah kursi yang diperoleh parpol. Besarnya Rp 21 juta per kursi.

“Perhitungan perolehan adalah jumlah suara yang diperoleh masing-masing parpol dikali dengan Rp 405 per suara lantas dibagi jumlah kursi di DPRDSumsel,” ujar Rusli.

Dikatakan dana akan segera diberikan begitu anggota dewan yang baru dilantik. Beberapa bulan sisa tahun 2009 tetap dihitung berdasarkan aturan yang baru. Sedangkan untuk dana tahun 2010 dianggarkan pada APBD 2010. (Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: