Flu Babi

PALEMBANG – Hingga saya menulis blog ini, Palembang masih bersih dari flu babi. Hal ini disampaikan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Palembang Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Seksi Surveylen dan Penyampaian Informasi. Meski demikian, Rumah Sakit Umum di Palembang sudah mengantisipasi penyakit ini dengan menyediakan bangsal khusus jika memang terdapat suspect flu babi.

Flu babi (Inggris:Swine influenza) adalah kasus-kasus influensa yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi. Dapat tertular pada manusia jika manusia melakukan kontak langsung pada babi. Misalnya manusia tersentuh air liur atau kotoran babi, maka virus dapat bermutasi di tubuh manusia. selain itu, Babi dapat menampung virus flu yang berasal dari manusia maupun burung, memungkinkan virus tersebut bertukar gen dan menciptakan galur pandemik.

Jenis Flu Babi ini memang cepat menyebar tetapi dengan kerusakan yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan Flu Burung yang memiliki sifat penyebaran yang tidak cepat namun memiliki tingkat merusak yang tinggi.

Flu babi pertama kali ditemukan di mexico. Tapi yang perlu dicatata oleh masyarakat adalah tidak gegabah menghadapi flu yang ada. jangan sampai flu biasa, karena terlalu khawatir, dianggap sebagai flu babi. Gejalanya adalah flu yang disertai panas tinggi, mual muntah dan pusing kepala. Jika tanda-tanda ini ditemukan, maka harus segera dilaporkan ke Puskesmas agar dapat ditangani secara cepat. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: