Deadline PBB 2009

PALEMBANG- Deadline pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan akan jatuh tempo pada 30 September 2009, untuk itu, bagi anda yang belum mendapatkan SPPT, lakukan konfirmasi ke kelurahan atau langsung ke kantor layanan pajak. Hal ini disampaikan oleh Subhan, narasumber dari Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (6/8).

Melalui interaktif telepon, beberapa masyarakat disinyalir belum mendapatkan SPPT dikarenakan kurangnya koordinasi antara pusat dan daerah dalam hal penyampaian surat penagihan pajak tersebut. Hal ini akibat tidak seimbangnya fiskus dan pertumbuhan masyarakat. “Misalnya untuk tiga kelurahan, hanya ditangani oleh satu fiskus, sementara koordinasi antara DJP dan pemerintah daerah belum maksimal.”

Karena hal inilah, ke depan, ada wacana bahwa PBB ini akan diserahkan kepada daerah untuk pengolahan “PBB memang diwacanakan untuk dipungut oleh pemerintah daerah, yang saat ini masih dikhawatirkan adalah masuknya unsur politis dalam hal pemungutan PBB tersebut karena hal ini sangat terkait dengan kebijakan daerah masing-masing, jadi saat ini masih dalam tahap penggodokan.”

Kembali ke 30 September tadi, untuk Anda yang kelupaan membayar PBB per 30 September 2009, akan dikenakan sanksi yakni denda 2% per bulannya. Dihimbau juga oleh Subhan, untuk membayarkan PBB saat ini juga agar terhindar dari antrean pajak yang panjang “Saya heran juga, dimana-mana di Indonesia ini, kalau sudah deadline baru ramai-ramai bayar, padahal ini akan merepotkan wajib pajak sendiri.” (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: