Perolehan Kursi DPRD Sumsel Bakal Berubah

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan akan terjadi perubahan alokasi kursi di DPRD Sumsel, terkait Putusan Mahkamah Agung (MA) No 16P/HUM/2009 mengenai tata cara pembagian kursi DPR hasil Pemilu 2009, yang juga berimbas pada tata cara perolehan kursi di DPRD provinsi yang berubah.

Meski demikian KPUD Sumsel mengaku belum melakukan perhitungan, berapa jumlah kursi DPRD Sumsel yang akan mengalami perubahan, sebagai imbas dari Putusan MA tersebut.

Ketua KPUD Sumsel Anisatul Mardiah mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari KPU Pusat, terkait pelaksanaan Putusan MA tersebut.

“Kalau itu (Putusan MA) dilaksanakan perubahan pasti ada. Kalau untuk kursi DPRD Sumsel belum kita hitung, berapa yang akan berubah,”ujar Anisatul ditemui disela-sela peluncuran dan bedah buku biografi Ketua DPRD Sumsel Zamzami Achmad di Hotel Horison, Palembang.

Untuk DPRD Sumsel diakui Anisatul, tak jauh berbeda dengan di tingkat nasional. Tiga partai besar yaitu Partai Golkar, Partai Demokrat dan PDIP mengalami penambahan jumlah kursi, sementara sejumlah partai menengah mengalami pengurangan.

“Tapi saat ini juga ada upaya-upaya hukum yang dilakukan sejumlah partai menengah, yang berkeberatan dengan Putusan MA itu. Tapi kalau memang itu (Putusan MA) harus dilaksanakan, ya akan kita laksanakan apapun resikonya,”tandas Anisatul.

Dengan demikian dikatakan Anisatul, seandainya Putusan MA tersebut dilaksanakan nantinya, akan terjadi penetapan ulang calon anggota DPRD Sumsel terpilih periode 2009-2014.

KPUD Sumsel berharap KPU Pusat secepatnya mengambil keputusan dan memberi arahan kepada KPUD, bagaimana menyikapi Putusan MA tersebut, mengingat ini juga akan berimplikasi kepada jadwal pelantikan anggota DPRD Sumsel terpilih periode 2009-2014 yang jatuh pada bulan September mendatang. (Ino)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: