Jiwa Usaha

PALEMBANG – Dian Aryogo, Humas Himpunan Psikolog Indonesia Wilayan sumatera Selatan, hadir kamis sore (23/07) pukul17.00WIB ke studio Trijaya untuk menjadi narasumber psycho family. Dian Aryogo, yang kerap bikin saya nggak mudeng, karena saat memaparkan sesuatu suka tiba-tiba diem. Tiba-tiba diem karena beliau rupanya sedang berpikir.

Dian Aryogo kali ini membahas tentang psikologi kewirausahaan. Psikologi Kewirausahaan ini sendiri merupakan ilmu psikologi terapan yang mencakup pola perilaku, karakteristik kepribadian pewirausaha. “tentunya berbeda dengan management entrepreneurship, psikologi kewirausahaan lebih menekankan pada aspke-aspek indvidual misalnya ketahaanan pewirausaha menghadpi kompetisi, menghadapi tekanan,” ujar Dian.

Dian sendiri tidak sepakat dengan wacana yang banyak dikatakan orang megenai seorang pewirausaha bersifat ‘genetik’ “Kalau ada jiwa usaha, baru bisa berhasil berusaha, saya nggak setuju dengan itu. Karena sebetulnya menjadi seorang pengusaha yang handal itu bisa dipelajari. Semua orang bisa asal memiliki minat dan mau melakukannya”.

Apakah seorang bisa menjadi pengusaha karena dipengaruhi faktor lingkungan? bisa jadi, karena behavior rumusnya individu + lingkungan. Maka kalau memang seseorang berada di lingkungan yang banyak pengusaha nya, kemungkinan besar juga ia menjadi seorang pengusaha. tapi hal ini harus dikaji lebih ketat, jangan sampai dipelintir bahwa kalau orang tua jahat, anaknya pasti jahat.

Perlu ditegaskan bahwa yang dimaksud dengan pewirausaha di sini ialah siapapun yang memiliki karakter kewirausahaan dalam konteks yang luas, sesuai dengan definisi kewirausahaan sebagai kapasitas kreatif-inovatif dalam mewujudkan produk atau jasa. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: