Empat Parpol di Sumsel Rebut Ketua Dewan

PALEMBANG – Empat partai politik di DPRD Sumsel berpeluang untuk merebut kursi Ketua DPRD Provinsi Sumsel periode 2009-2014. Masing-masing adalah Partai Golkar, Partai Demokrat, PDI Perjuangan dan PKS.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel yang juga Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel Bihaqqi Soefyan mengatakan, pemilihan pimpinan dewan tersebut mengacu pada UU Susduk anggota dewan. Bila UU Susduk yang baru belum diberlakukan, maka UU Susduk yang lama yang akan dipakai menjadi acuan untuk memilih ketua dewan.

Menurutnya, bila mengacu pada UU Susduk yang lama maka penentuan ketua dewan berdasarkan suara terbanyak untuk calon yang menjadi peserta dalam pemilihan. Itu dapat dilakukan dalam sebuah voting diantara 75 anggota dewan di Provinsi Sumsel.

Sedangkan bila mengacu pada UU Susduk yang baru, maka parpol yang mendapatkan kursi terbanyak di DPRD Provinsi Sumsel adalah yang berhak memegang jabatan ketua dewan di DPRD Sumsel.

“Untuk Partai Demokrat terbuka peluang untuk meraih kursi ketua dewan. Sama seperti parpol lain. Masing-masing parpol bisa membentuk koalisi untuk mendukung salah satu pasangan calon,” jelasnya.

Pemilihan ketua dewan bila menggunakan UU Susduk yang lama akan menggunakan sistem one man one vote (satu orang satu suara). Sedangkan jumlah anggota dewan sendiri saat ini mencapai 75 orang atau lebih banyak 10 orang dari anggota dewan periode sebelumnya yang hanya 65 orang. (Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: