Pelantikan Anggota Dewan Sesuai Akhir Masa Jabatan

PALEMBANG – Pelantikan anggota DPRDSumsel yang baru akan dilaksanakan seiring berakhirnya masa jabatan anggota DPRDSumsel periode 2004-2009. Akhir masa jabatan anggota DPRDSumsel yang sekarang adalah tanggal 22 September 2009.

Hal tersebut dikemukakan oleh Sekretaris DPRDSumsel Sofyan Machmud yang dikonfirmasi tentang jadwal pelantikan anggota DPRDSumsel periode 2009-2014, Jumat (10/7). Menurut Sofyan, sebelumnya memang banyak pertanyaan dari KPUdaerah serta anggota dewan sendiri mengenai jadwal pelantikan anggota dewan yang baru.

Hal itu terkait adanya surat KPU tentang jadwal pengucapan sumpah dan janji anggota dewan, Peraturan KPUNo 20 Tahun 2008. “Waktu yang dijadwalkan dalam peraturan KPU tersebut banyak tidak sesuai dengan masa berakhirnya jabatan anggota dewan yang berakhir setelah lima tahun,” ujar Sofyan.

Namun dengan Surat KPU No 926/KPU/V/2009 tertanggal 23 Mei 2009, menjelaskan bahwa berakhirnya masa jabatan anggota DPRDperiode 2004-2014 setelah lima tahun, persoalan dinilai menjadi jelas.

“Artinya pengucapan sumpah/janji sebagai anggota dewan yang baru dilakukan seiring akhir massa jabatan anggota dewan yang lama, yakni bulan September 2009,” kata Sofyan. Namun demikian tanggal tersebut bertepatan dengan libur Hari Raya Idul Fitri.

Dengan demikian menurut Sofyan, pihak Sekretariat DPRDSumsel mengajukan dua opsi waktu pelantikan, yakni tanggal 14 September atau 28 September 2009. “Waktu yang dipilih akan dikonsultasikan ke Depdagri,” ujarnya. (Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: