Sumsel diproyeksikan menjadi pusat kelistrikan di Sumatera

PALEMBANG – Sumatera Selatan akan menjadi pusat kelistrikan diwilayah Sumatera dengan sumber bahan baku. Batu bara dan gas. Hal tersebut dikemukakan Dirut PLN Fahmi Muchtar pada saat peresmian pemancangan tiang pertama PLTU Mulut Tambang Keban Agung kabupaten Lahat Sumsel.

Fahmi Muchtar mengatakan di Sumsel dalam 10 tahun akan dibangun pembangkit 5000 mega watt yang akan menyuplai wilayah Sumatera. Saat ini menurutnya wilayah Sumatera baru tersedia 175 kv atau setara dengan provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu masih sangat besar kebutuhan listrik wilayah Sumatera. Apalagi pertumbuhan listrik diwialayah ini diatas rata-rata yaitu berkisar 10-11 persen.

Srementara menurut Dirjen Listrik dan pemanfaatan energi J. Purwono mengenai kondisi listrik Sumsel saat ini masih sangat pas-pasan hanya sekitar 958 mw sedangkan beban puncak sekitar 954 mw. Dengan dibangunnya PLTU keban Agung 2 x 135 dan simpang belimbing 1. X 135 belum menjadi titik aman bagi sumsel jika pertumbuhan ekonomi terus meningkat. Oleh karena itu proyek 5000 mw dalam 10 tahun mendatang harus segera terealisasi. (Fatur)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: