90-an Pemilih di Palembang Tercecer

PALEMBANG – Sebanyak 90-an pemilih di Kota Palembang tercecer alias tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT)Pilpres 2009.

Padahal nama-nama tersebut masuk dalam DPT Pemilu Legislatif 2009 yang kemudian menjadi daftar pemilih sementara pilpres. Anggota KPUKota Palembang Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Abdul Karim mengatakan bahwa kemungkinan tercecer ketika memindahkan data dari PPS ke KPUKota Palembang.

“Artinya data-data tersebut tidak ikut terkopi ketika memindahkan data,” ujarnya yang ditemui Senin (6/7). Karim mencontohkan pemilih atas nama Maryati terdaftar dalam Pemilu Legislatif. Tetapi namanya tidak ada dalam daftar pemilih Pilpres 2009.

Untuk itu pemilih tersebut akan dimasukan dan diakomodir dalam daftar pemilih pilpres. Selain mata pilih yang tercecer, KPUKota Palembang mendeteksi terjadinya kesalahan dalam pemindahan data dari PPK/PPS ke KPUKota Palembang.

Akibatnya terjadi dugaan data pemilih ganda. Salah satunya terjadi di Kelurahan Bukit Sangkal, Palembang. Itu terdeteksi pada saat membagikan undangan. Dijelaskan Karim, pada saat kopi data berlangsung ada data yang tertinggal.

Ketika disusulkan data tersebut terjadi ketidakcocokan. “Itu baru diketahui ketika undangan untuk pemilih dibagikan. Ada undangan pemilih yang tidak cocok dengan alamatnya,” jelas Karim.

Terdata 19 ribuan yang terdata tetapi setelah dicross cek hanya ada 80-an orang saja yang tidak cocok. Dan data tersebut diperbaiki kembali oleh PPS sehingga bisa ikut pilpres. (Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: