MEDCO SIAP SUPLAI GAS LIMA JUTA MMSCFD

PALEMBANG – PT Medco E&P Indonesia mengatakan, perusahaan itu siap memasok kebutuhan gas untuk program gas perkotaan di Palembang sampai lima juta MMSCFD.

Tetapi sampai kini permintaan untuk program penyediaan gas rumahtangga warga pada dua kelurahan di Kota Palembang tersebut baru mencapai satu juta MMSCFD, kata senior manaager relation PT Medco E&P Indonesia, Aditya Mandala, Senin.

Di sela-sela persiapan acara peresmian sejumlah proyek CSR di Musibanyuasin, Aditya mengatakan, mereka telah siap memasok gas ke Kota Palembang, tetapi sampai kini masih menunggu pemasangan jaringan pipa dari dan ke rumahtangga yang menjadi program percontohan gas perkotaan itu.

Sedangkan pipanisasi PT Medco untuk mengalirkan gas tersebut telah terpasang. Pihaknya masih menunggu pembangunan jaringan yang diselenggarakan PT PGN dan kontraktor yang bekerjasama dengan perusahaan tersebut.

Ia mengatakan, kapanpun pembangunan pipanisasi usai bisa langsung mengalirkan gas dari sejumlah sumber gas alam milik perusahan tersebut.

Sementara itu, program gas perkotaan yang telah dicanangkan Menteri ESDM, Purnomo Yusgiantoro beberapa waktu lalu di Kota Palembang akan menjadikan dua kelurahan sebagai kawasan percontohan penggunaan gas alam untuk rumahtangga.

Kelurahan Lorok Pakjo dan Siring Agung di Kecamatan Ilir Barat I menjadi kawasan percontohan program penggunaan gas alam untuk rumahtangga di Kota Palembang.

Sebanyak 4.200 rumahtangga di dua kelurahan tersebut akan mendapatkan pemasangan jaringan gas yang sedang dikerjakan.
Sebelumnya Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra mengatakan, dua kelurahan tersebut menjadi kawasan percontohan program pembangunan gas perkotaan.

Program tersebut didanai pemerintah pusat dengan anggaran mencapai Rp80 miliar dari Departemen ESDM, katanya.

Eddy berharap program ini tidak hanya sebatas kawasan percontohan tetapi dalam waktu dekat pembangunan jaringan pipa gas untuk memenuhi kebutuhan gas rumahtangga juga dilaksanakan di lokasi lain.
Dengan demikian warga Kota Palembang dapat menikmati bahan bakar yang murah untuk kegiatan rumahtangga karena biaya yang dikeluarkan jika menggunakan gas alam ini hanya mencapai Rp30 ribu per bulan, ujarnya. (Rep)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: