Hari Ini SNMPTN, Pengawasan Diperketat

PALEMBANG — Panitia Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) memperketat pengawasan peserta ujian yang dimulai hari ini 1 Juli dan 2 Juli.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mewajibkan kepada peserta ujian absen sebanyak empat kali. Absen pertama, saat peserta mengisi biodata pada lembar jawaban. Pengawas ruang akan mencocokkan foto album peserta dengan foto yang tertera pada lembar kartu peserta.

Absen kedua, sebelum soal dibagikan. Absen ketiga dan keempat saat siswa mengerjakan soal dan sesaat sebelum LJU dikumpulkan.

“Aturan ini dikeluarkan demi meminimalisir adanya tindakan kecurangan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang mencoba mengambil kesempatan dalam ujian ini,” kata Koordinator panitia SNMPTN Drs Zulkifli Dahlan Dea, Selasa (30/6).

Pelaksanaan SNMPTN tahun 2008/2009 di Palembang diikuti 13.635 peserta. Yakni, terdiri dari 4.754 siswa program IPA, 4.540 siswa IPS dan 4.341 peserta IPC. Sementara pengawas yang terlibat 1.414 orang terdiri dari dosen dan guru.

Semua peserta akan ditempatkan pada 8 sektor yakni sektor kampus Polsri, Sektor Unsri Bukit Besar, Kampus Ogan seperti SMAN 1, SMKN 3 dan SMAN 10, sektor puncak sekuning, Merdeka, Sudirman dan Kawasan Veteran Palembang dan 37 sub sektor.

Hingga Selasa (30/6) pukul 12.00, panitia sudah selesai menempelkan nomor ujian pada 707 ruang. Panitia mulai melakukan pensterilan lokasi ujian pukul 17.00.

Untuk hari pertama ujian SNMPTN akan diujikan tes potensi akademik (TPA) dan tes bidang studi dasar yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Pada hari kedua untuk program IPA dan IPS akan mengikuti tes bidang studi masing-masing yakni kemampuan IPA dan IPS. Sementara untuk IPC akan mengikuti kedua-duanya.

Hasil ujian SNMPTN akan diumumkan melaui situs web http://www.snmptn.ac.id yang dapat diakses mulai pukul 00.00 tanggal 1 Agustus 2009.(Sripo)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: