Periksa Kehamilan

PALEMBANG – Pemeriksaan kehamilan sangat penting untuk menghindari kematian ibu dan bayi. hal ini disampaikan oleh Dokter Fauzia, Kasi Pelayanan Kesehatan dasar Dinas Kesehatan Kota Palembang. Sangat penting karena Kehamilan dapat berkembang menjadi masalah atau komplikasi setiap saat dan 15 % dari wanita hamil akan mengembangkan komplikasi yang berkaitan dengan kehamilannya dan mengancam jiwa.

Dalam Healthy Center (26/6), Dokter fauzia sangat menyarankan pemeriksaan kehamilan dilakukan paling minimal tiga kali. “Diperiksakan di tiga bulan pertama, trimester kedua dan trimester ketiga”. Hal ini dilakukan untuk melakukan pemantauan sehingga kesehatan Ibu dan Bayi dapat dipastikan berkembang dengan baik. Juga mempertahankan kesehatan ibu dan bayi serta mempersiapkan peran ibu dan keluarga dalam menerima kelahiran bayi.

Pemeriksaan tentunya juga harus dilakukan oleh tenaga yang berkompeten untuk melakukan hal tersebut. “Di Palembang saja masih dapat ditemukan Ibu yang melakukan konsultasi bahkan melahirkan lewat dukun beranak. Hal ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kecacatan bahkan kematian. Kita tidak tau tentang kebersihan dukun beranak dan sebagainya”.

Yang perlu diketahui oleh para ibu dalam pemriksaan kehamilan ini adalah 8T, Timbang berat badan, tekanan darah, tinggi fundus uteri, tetanus toksoid, tablet zat besi, tes penyakit menular seksual, temu wicara dalam rangka persiapan rujukan dan tatalaksana khusus. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: