Tax Goes Green

PALEMBANG – Semua bidang industri saat ini sudah menggunakan komputer sebagai basis kegiatannya, kemajuan seperti ini juga membuat dunia per pajakan harus terus ber benah diri. Reformasi administrasi perpajakan adalah salah satu bentuk dari perubahan tersebut.

“Saat ini sistem online diterapkan. Salah satunya dengan adanya E-SPT,” ujar Kepala KPP Madya DJP Sum-Sel dan Kepulauan Bangka Belitung, Anggrah Warsono. Elektronik SPT atau disebut e-SPT adalah aplikasi (software) yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk digunakan oleh Wajib Pajak untuk kemudahan dalam menyampaikan SPT.

Bersama dua orang staff atau Account Representative nya, Anggrah Warsono yang malam itu menggunakan kemeja putih memaparkan berbagai kelebihan dari sistem penyampaian SPT secara online ini. “Penyampaian SPT dapat dilakukan secara cepat dan aman, karena lampiran dalam bentuk media CD/disket, data Perpajakan Terorganisasi dengan baik, Sistem aplikasi e-SPT mengorganisasikan data perpajakan perusahaan dengan baik dan sistematis, penghitungan dilakukan secara cepat dan tepat karena menggunakan sistem komputer,” papar Anggrah mengenai beberapa kelebihan e-SPT.

Dengan kelebihan yang disebutkan di atas, maka jika ada laporan mengenai kurang atau lebih bayar, pihak DJP akan lebih cepat melakukan penanganan, wajib pajak pun diuntungkan karena efisiensi dan efektifitas yang ada.

WALHI akan sangat senang dengan diterapkannya sistem ini donk Pak? “Oh Pasti. Bisa Vira bayangkan, yang tadinya lampirannya ada beberapa rim, bisa di efisiensi hanya dengan melalui flashdisk atau pengiriman online,” jawab Anggrah.

Hemat Kertas! Hemat pohon! (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: