Pendaftaran Rumah Murah Akhirnya Dibuka

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akhirnya resmi membuka pendaftaran rumah murah mulai 15-19 Juni, di tiap-tiap kelurahan di Palembang.

Hal ini untuk memastikan program rumah murah akan terus berjalan. Persyaratan pendaftaran sendiri dibagi dua kelompok,pertama untuk pekerja sektor non formal sebanyak 1.000 unit rumah tipe 21/90, maksimal berusia 45 tahun, sudah bekeluarga, surat pernyataan belum punya rumah sendiri yang diketahui oleh RT/Lurah setempat, memiliki KTP/KK berdomisili di Palembang sekurang-kurangnya tiga tahun atau keterangan domisili, dan melampirkan surat pernyataan mampu membayar cicilan perhari/ bulan yang diketahui ketua RT.

Untuk kelompok kedua,yakni tipe rumah 36/120 yang diperuntukkan bagi PNS/Guru, dengan masa kerja minimal 10 tahun,usia maksimal 45 tahun,sudah berkeluarga,belum memiliki rumah sendiri,belum manfaatkan Bapertarum/KPR,memiliki KTP dan KK,tidak pernah terkena sanksi disiplin berdasarkan PP30/1980, serta surat pernyataan sanggup bayar dan adasuratrekomendasiatasan.

Asisten III Bidang Kesra Setdaprov Sumsel Aidit Aziz dalam rapat koordinasi dan pembukaan pendaftaran rumah murah,di Bina Praja Pemprov Sumsel, kemarin, mengatakan pembukaan pendaftaran rumah murah tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumsel, No 364 kpts 7279 tentang kriteria rumah murah.

”Jadi, secara resmi pendaftaran rumah tidak pakai formulir khusus, karena takut disalahgunakan, dan surat pernyataan ditulis tangan,” kata Aidit dalam rapat yang dihadiri para camat dan lurah se-Kota Palembang. Aidit menjelaskan,rencananya untuk 1.000 unit rumah tipe 36/120 yang diperuntukkan bagi PNS/guru akan dibangun di Jakabaring.

Sedangkan 1.000 unit rumah tipe 21/90 untuk sektor non formal yakni masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) seperti tukang becak, buruh, tukang ojek dan lainnya, rencananya dibangun di Jalan Jepang (TPA II), Kelurahan Keramasan, Kecamatan Kertapati.

”Nanti, 8 Juni (pendaftarannya) kami umumkan di media massa, termasuk kapan pendaftaran resmi dan syarat-syaratnya,” ungkapnya seraya menjelaskan, bagi guru/PNS pendaftaran dapat melalui Diknas Prov Sumsel. Dia menuturkan, dari rapat tersebut, pihaknya juga meminta kepada seluruh camat, agar segera mensosialisasikan pendaftran rumahmurahinikepadalurahmasingmasing, sehingga warga yang tidak mampu dapat segera mendaftar.

Untuk seleksinya sendiri akan diserahkan kepada tim rumah murah dari Pemprov Sumsel. Sedangkan lurah dan camat hanya sebatas menampung pendaftaran rumah murah. Saya kira antusias masyarakat tinggi. Mungkin yang daftar bisa-bisa sampai 20.000 orang,” kata Aidit optimistis. Menurut Aidit, penerima rumah murah akan ditentukan dari Pemprov Sumsel berdasarkan kelengkapan berkas dan persyaratan yang sudah ditentukan.

Bagi yang berhak mendapatkan rumah murah bakal ditentukan berdasarkan surat keputusan. Sementara itu,Direktur Utama Bank Sumsel Asfan Fikri Sanaf berharap, pihaknya dapat dilibatkan dalam seleksi rumah murah itu.”Kami minta agar seleksi (penerima rumah murah) satu pintu,” ungkapnya.

Asfan menjabarkan, rincian harga rumah murah untuk tipe 36/120 harganya Rp32.500.000, karena tanahnya hibah dari Pemprov Sumsel. Dari harga tersebut dibantu pinjaman uang muka dari Bapertarum Rp10 juta,dan mendapatkan sumbangan uang muka dari Menpera Rp11,5 juta.

Setelah dikurangi, sisanya Rp11 juta menjadi tanggungan KPR yang harus dicicil selama 10,dengan bunga 9%.Dengan begitu, perharinya PNS dapat mengangsur sekitar Rp10.000 perhari. Sedangkan untuk rumah tipe 21/90 bagi sektor non formal harga rumah Rp23.000.000,dan sumbangan uang muka dari Menpera Rp11,5 juta. Sehingga, kredit KPR tinggal Rp11,5 juta yang dapat diangsur selama 15 tahun, dengan harga cicilan sekitar Rp5.000 perhari. (Seputar Indonesia)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: