Cara Identifikasi Boraks Pada Makanan

PALEMBANG – Saat ini, isu pemakaian formalin pada tahu dan mie ataupun pada bahan makanan lain, tampaknya menguap begitu saja. Isu berputar putar pada masalah, tapi apakah berita yang berkembang saat isu tersebut sedang panas-panasnya juga memberikan informasi yang berimbang mengenai bagaimana cara mengidentifikasi makanan yang mengandung zat-zat yang berbahaya?

Juga isu boraks yang ada pada bakso atau mpke-mpek, bahan kimia yang membuat daging menjadi lebih tahan lama, hilang begitu saja. Padahal, siapa tau? ternyata kasus yang hangat kemarin belumlah tuntas sepenuhnya.

Pada Healthy Center Jumat (29/5), Dua staff Badan Penyehatan Lingkungan hadir di studio Trijaya untuk memberikan informasi mengenai bahan tambahan pangan. Bahan tambahan pangan tentunya tidak semua bersifat berbahaya bagi kesehatan, ada juga yang diperbolehkan, namun memang tidak memiliki kadar gizi untuk manusia. Misalnya pewarna makanan, pemanis minuman yang sudah terdaftar secara legal.

Sementara itu, bagaimana dengan formalin dan boraks ? “Tentu saja ini tidak boleh ditambahkan pada makanan karena sangat merusak. sifat merusak memang tidak hadir secara seketika, namun jika menahun, maka kemungkinan berbagai penyakit dapat terjadi, kanker misalnya,” ujar Reni Randa.

Bagaimanakah cara mengidentifikasi makanan yang mengnadung zat berbahaya ? “Misalnya kita mau mengetahui apakah mie yang kita makan mengandung formalin atau tidak. caranya adalah genggam mie tersebut, lalu genggaman tersebut kita buka, lihat apakah mie yang kita genggam tadi membentuk gumpalan atau malah membuyar, tidak lengket, kembali ke bentuk semula. Jika ya (tidak membentuk gumpalan), maka mie tersebut positif mengandung formalin”.

Sementara itu, untuk melakukan identifikasi terhadap bakso yang mengandung boraks. sediakan dua irisan tipis kunyit, cuka putih makan, lilin dan irisas bakso yang sudah dimemarkan. letakkan bakso tersebut di sendok, isi dengan cuka hingga sendok makan penuh dan letakkan irisan tipis kunyit lalu letakkan di atas lilin. jika seketika saja api lilin menjadi biru, maka bakso tersebut berkemungkinan besar megandung boraks. (vira)
Mbak feni randa (staff penyehatan lingkungan)

Beni aulia (staff penyehatan lingkungan)biru

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: