Komisioner KPU Lubuklinggau Di-DK-kan

PALEMBANG – Lima komisioner KPU Kota Lubuklinggau dipastikan dibawa ke Dewan Kehormatan (DK) KPU Provinsi Sumsel. Secara resmi pembentukan DK telah mendapat persetujuan dari KPU RI berdasarkan hasil konsultasi beberapa hari lalu.

Para komisioner tersebut adalah Aspuda Ferdiansie (Ketua KPU Kota Lubuklinggau), Umar Zipin Marbe, Kurniawan Eka, Hendri Almawijaya, dan Fachrurozi. Semua akan diperiksa oleh tiga orang anggota DK yang telah ditunjuk.

“Paling cepat minggu pertama Juni atau paling lambat minggu kedua Juni 2009,” kata Ketua KPU Provinsi Sumsel Anisatul Mardiah, Kamis (28/5).

DK merupakan tindaklanjut pengambilalihan rapat pleno KPU Kota Lubuklinggau oleh KPU Provinsi Sumsel beberapa waktu lalu.

Dewan kehormatan yang terdiri dari tiga orang, dua dari komisioner KPU Provinsi Sumsel dan satu orang dari luar yang ditunjuk KPU Provinsi Sumsel. Masing-masing adalah Alfian Toni (Divisi Teknis Penyelenggaraan), Chandra Puspa Mirza (Divisi Hukum) dan Zen Zanibar (Dosen Fakultas Hukum Unsri).

DK diberi waktu bekerja selama 30 hari terhitung diresmikan. Tugasnya memeriksa kelima komisioner dari KPU Kota Lubuklinggu dan membuat keputusan terhadap kelima orang tersebut. “Keputusannya melihat dulu tingkat kesalahan yang diperbuat mereka. Sanksi yang dijatuhkan mulai yang teringan berupa peringatan hingga yang terberat berupa pemecatan,” kata Anisa.

Terkait dengan ada anggota KPU Kota Lubuklinggau, Kurniawan Eka yang telah mengajukan pengunduran diri, Anisa menyatakan KPU Provinsi Sumsel tidak memberikan persetujuan. Alasan yang dikemukakan tidak termasuk dalam hal-hal yang dapat diberikan persetujuan pengunduran diri.

Tiga alasan pengunduran diri yang dapat diterima adalah meninggal dunia, dinyatakan sakit berdasarkan surat keterangan dari dokter dan terkena hukuman pidana. “Jadi tidak gampang mundur. Eka tidak memenuhi satu dari tiga unsur tersebut,” katanya. (sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: