Fraksi PDIP Layangkan Somasi ke Gubernur Sumsel

PALEMBANG – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumsel melayangkan surat somasi kepada Gubernur Sumsel terkait dengan insiden antara Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumsel Darmadi Djufri dengan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel, Rusli Nawi, Kamis (14/5) lalu. F PDI Perjuangan memberikan waktu 3×24 kepada Gubernur Sumsel untuk menanggapi somasi tersebut.

Bila tidak ada jawaban, maka Fraksi PDI Perjuangan siap untuk melakukan somasi yang kedua kepada Gubernur Sumsel. Bila juga tidak kunjung dijawab, maka F PDI Perjuangan bakal mengambil langkah hukum. Selain itu juga fraksi tengah mengupayakan bisa melakukan langkah interpelasi sebagai hak seorang anggota DPRD Sumsel.

Menurut Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumsel, Darmadi Djufri, surat somasi telah disampaikan ke Pemprov Sumsel. Diyakini surat tersebut segera disampaikan ke Gubernur Sumsel Alex Noerdin. “Sekitar pukul 11.00 tadi somasi itu kami serahkan kepada pihak Pemprov Sumsel melalui mekanisme di Pemprov Sumsel,” ujar Darmadi.

Secara singkat Darmadi menjelaskan bahwa pihaknya meminta gubernur mengambil tindakan tegas kepada pejabat Pemprov Sumsel yang bersangkutan. Hal itu terkait dengan tindakan indisipliner, tidak beretika serta merusak hubungan antara lembaga eksekutif dan legislatif.

Fraksi beranggapan bahwa tindakan Rusli Nawi yang menegur Darmadi dinilai sebagai contempt of parliament (penghinaan lembaga). Tindakan disebut sebagai mengintervensi/mengintimidasi anggota dewan oleh seorang pejabat Pemprov Sumsel. Hal tersebut tidak lepas dari sikap fraksi yang menolak satu dari tujuh raperda yang diajukan oleh Pemprov Sumsel untuk mendapatkan pengesahan dari DPRD Provinsi Sumsel. (Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: