Panwaslu Ancam Pidanakan KPU Sumsel

PALEMBANG, SENIN – Panwaslu Provinsi Sumsel mengancam akan mempidanakan KPUProvinsi Sumsel. Alasannya beberapa rekomendasi dari Panwaslu Provinsi Sumsel tidak ditindaklanjuti atau mendapatkan tanggapan. Ancaman tersebut dikemukakan oleh anggota Panwaslu Provinsi Sumsel, Syaiful Anwar ketika ditemui disela-sela rapat pleno di KPUProvinsi Sumsel. Dijelaskan bahwa hal tersebut berdasarkan dari UU No 10 Tahun 2008.

“Dalam UU disebutkan, bila rekomendasi Panwaslu tidak ditindaklajuti, maka bisa dikenakan ancaman pidana 6-12 bulan,” kata Syaiful, Senin (17/5). Menurutnya, Panwaslu Provinsi Sumsel sudah melayangkan beberapa rekomendasi ke KPUProvinsi Sumsel. Diantaranya menyangkut status BUMN, PNS, caleg bermasalah dengan hukum, pelanggaran pemilu dan lainnya.

Dikatakan bahwa dipusat sudah ada 3 dari 5 anggota KPUyang dilaporkan ke polisi. Hal demikian menurut Syaiful mungkin saja terjadi di Provinsi Sumsel. Sedangkan Ketua KPUProvinsi Sumsel Anisatul Madiah mempersilahkan Panwaslu Provinsi Sumsel untuk mempidanakan KPUProvinsi Sumsel. Hal tersebut menurutnya sudah diatur dalam aturan.

Dijelaskan bahwa sebagian rekomendasi tersebut telah ditindaklanjuti. Tetapi yang belum kemungkinan karena kesibukan KPUProvinsi Sumsel. “Bila mau mempidanakan memang ada jalannya. Itu hak dari Panwaslu Provinsi Sumsel,” ujar Anisa. (Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: