PDIP dukung sikap Fraksi PDIP protes ke Pimpinan Dewan

PALEMBANG – Ketua DPD PDI Perjuangan Eddy Santana Putra menegaskan mendukung langkah Fraksi PDI Perjuangan Sumsel untuk menyurati pimpinan dewan. Ia juga mendukung sikap fraksi yang kritis dalam menyikapi suata masalah. Sedangkan untuk melakukan tindakan hukum terhadap pihak yang terlibat tersebut, Eddy mengatakan akan berbicara dengan Fraksi PDIPerjuangan. Penegasan tersebut dikemukakan Eddy setelah Rapat Paripurna Istimewa DPRDSumsel Hari Jadi Provinsi Sumsel ke-63 peringatan ke-3.

Hal itu berkaitan nyaris bentrok fisik antara Ketua Fraksi PDIPerjuangan DPRDProvinsi Sumsel Darmadi Jufri dengan Kepala Badan Kesbang dan Linmas Provinsi Sumsel Rusli Nawi, Kamis kemarin.

“Ini adalah lembaga resmi. Apa yang dilakukan anggota dewan hak masing-masing anggota,” kata Edi Santana.

Eddy mengatakan apa yang dilakukan seorang pejabat Pemprov Sumsel adalah hal yang memprihatinkan. Ia berharap kedepan tidak terjadi lagi. Eddy juga berjanji F PDIPerjuangan akan tetap bersikap kritis. Meski muncul kejadian seperti dalam rapat paripurna dewan tetapi tidak akan mempengaruhi sikap PDIPerjuangan.

“Kita berhak kritis terhadap pemerintah,” ujarnya mendukung sikap fraksi.

Sementara itu Ketua DPRDProvinsi Sumsel Zamzami Achmad mempersilahkan Fraksi PDIPerjuangan melayangkan surat protes ke pimpinan dewan terkait dengan kejadian nyaris bentrok fisik dalam rapat paripurna kemarin. Ia berjanji akan memproses surat tersebut sesuai aturan.

Menurut Zamzami, kejadian kemarin merupakan hal yang biasa. Kesalahpahaman dan keteledoran adalah yang biasa.Kejadian kemarin tegas Zamzami adalah faktor miskomunikasi antara pejabat Pemprov Sumsel dengan anggota dewan. Hal itu sudah diluruskan oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin secara langsung.

Menurutnya lembaga dewan memang tempat menyampaikan pendapat dan aspirasi. Ia menilai bahwa kejadian kemarin masih tergolong sehat dalam berdemokrasi. (Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: