Anak Bidadari

PALEMBANG – Autisme adalah ketidakmampuan seseorang dalam melakukan komunikasi dengan orang lain. Hal itu didefinisikan oleh Psikolog dari Himpunan Psikolog Indonesia Wilayah Sumatera Selatan, Safra Dhaini, S.Psi, yang lebih akrab disapa Ibu Nini. Mengapa bisa autisme? apakah autisme bersifak genetik?

“Tidak. Autisme tidak bersifat genetik, meskipun hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut yang dapat menjelaskan penyebab autisme,” ujar Nini menjawab sms yang masuk dalam bincang bincang tiap Kamis pukul 17.oo tersebut. Autisme adalah kegagalan komunikasi, karena itulah penanganannya harus benar-benar intensive. Mengobati autsime harus bersifat sinambung. Dilakukan oleh person to person.

Pada anak yang menderita Autisme, mereka akan sangat senang dengan keteraturan, menyaksikan sesuatu yang teratur, mereka akan dapat menghabiskan waktu ber jam jam tanpa lelah “Kasus yang saya tangani, pernah ada anak yang sangat senang dengan hujan dan dengan suara yang dihasilkan ketika memotong kuku, hingga akhirnya setiap hari ia ingin selalu memotong kuku”.

Anak autisme juga diistilahkan sebagai anak bidadari karena mereka memiliki kulit yang sensitif, juga reaksi tubuh yang sangat peka terhadap makanan-makanan tertentu “Namun hal ini sifatnya sangat subjektif terhadap amsing-masing anak, ada yang harus diet protein, diet glukosa .” ungkapnya.

Autisme bisa ‘sembuh’, asal orang tua telaten membimbing anak yang menderita autisme ini agar dapat bergaul secara normal. Gejala autisme harus dideteksi sejak dini, misalnya jika anak batita kita tidak melihat kita ketika diajak bicara, jika ia asyik sendiri dengan sesuatu selama ber jam jam, haruslah segera dikonsultasikan kepada ahlinya. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: