Suara Sah Pemilu Hanya 66 Persen

PALEMBANG – KPU Provinsi Sumsel mencatat dari 5,19 juta pemilih yang terdaftar dalam DPT pemilu legislatif 2009 lalu di Sumsel, hanya terdapat 66 persen suara sah. Angka tersebut menunjukan masih banyak warga masyarakt yang belum bisa menggunakan hak pilihnya dengan benar.

“Sisanya sebesar 34 persen adalah suara tidak sah, dan pemilih yang tidak dating ke TPS,” kata anggota KPU Provinsi Sumsel Ong Berlian.
Ong mengatakan akan mengevaluasi masalah tersebut untuk kebutuhan pilpres mendatang. Salah satunya masalah sosialisasi pemilu. Kegiatan itu sendiri sudah dilakukan sejak bulan Februari 2009 lalu.

Ong mengatakan pihaknya siap mengakomodir warga pendatang yang berasal dari luar daerah dalam daftar pemilih presiden 8 Juli mendatang. Dia mengatakan hal tersebut dilakukan karena banyaknya masyarakat pendatang yang berasal dari luar daerah yang tidak terdaftar dalam DPT pemilu lalu.

“Pendatang yang ingin masuk dalam DPS pilpres akan di sediakan formulir khusus oleh PPDP. Mereka wajib mengisi formulir itu untuk masih DPS,” katanya.

Ditambahkan, berdasarkan jadwal KPU pemutakhitan DPS pilpres berakhir kemarin (10/5), selanjutnya pada 11-17 Mei, PPK akan melakukan penempelan DPS pilpres di kantor kelurahan dan kantor desa untuk mendapat tanggapan masyarakat.

Menurut Ong, pihaknya telah menginstruksikan tim PPDP melalui KPU kabupaten/kota untuk memperhatikan pemilih pendatang. Pemilih tersebut seperti mahasiswa yang berdomisili di sekitar kampus, pekerja yang berdomisili di areal perkebunan, atau buruh yang berdomisili di sekitar pabrik.

“Ada pendataan berbasis domisili bagi warga pendatang, kebanyakan mereka adalah mahasiswa yang berdomisili di dekat kampus, pekerja lepas pantai, buruh dan pekerja di sektor perkebunan,” kata Ong kemarin.

Menurut Ong, untuk menghindari pemilih ganda dalam DPT pemilu presiden, tim PPDP akan memberikan formulir khusus yang berisi kesediaan mencabut hak pilih di daerah asal pemilih kepada warga pendatang. (Sripo)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: