Identifikasi Masalah

PALEMBANG – Agar Keluarga tidak menjadi musuh. Itulah yang menjadi tema Psycho Family, Kamis (7/9) Sore bersama Kepala Sekolah SD Auladi, Yanti. Kontradiktif memang, namun hal itulah yang seringkali terjadi. Kekerasan dalam rumah tangga adalah salah satu contoh kasus dimana keluarga yang seharusnya dicintai, malah menjadi musuh.

Tidak hanya antara suami istri saja, tepai relasi orang tua dan anak juga seringkali menunjukkan sikap bermusuhan. “Musuh itu secara umum kita artikan sebagai orang yang tidak menyenangkan, atau lebih jauh orang yang kita perangi, alangkah seramnya jika keluarga sendiri mau kita perangi,” Ujar Yanti.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena ada dua hal, yang pertama yaitu setiap anggota keluarga gagal dalam melakukan identifikasi masalah. Yang kedua yaitu akibat dari kegagalan meng identifikasi masalah tersebut, maka jalinan komunikasi antara anggota-anggota keluarga menjadi tidak sehat.

Seperti salah seorang penelpon sore itu yang mengungkapkan bahwa pernikahannya sangat tidak menyenangkan padahal baru berumur 5 bulan pernikahan, namun Sang suami kerap kali marah-marah, Ia pun merasa bahwa himpitan ekonomi juga sepertinya menjadi salah satu pemicu hubungan tidak harmonis tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Yanti mengungkapkan bahwa tak ada jalan lain selain membicarakan hal ini dengan terbuka terhadap pasangan. Katakan kepada pasangan kita bahwa kita tidak suka dengan perangainya yang kasar, namun menyampaikannya juga harus dengan hati-hati dan santun. Selain itu, jika masalahnya berhubungan denan himpitan ekonomi, Yanti menjelaskan “Rezeki itu ada di tangan Allah SWT, kita berusaha sebaiknya, maka ia akan memberi.” (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: