Berhak dan Berkewajiban

PALEMBANG – Apa sih kewajiban dan hak para pemegang NPWP? tak sedikit yang masih gagap mengenai kedua hal tersebut, aplalagi di 2009 ini banyak wajib pajak baru akibat penerapan sunset policy oleh Direktorat Jendral Pajak. “banyak yang baru punya NPWP karena penerapan sunset policy, jadi masih banyak yang kabur mengenai apa saja hak dan kewajibannya sebagai wajib pajak,” ujar Yunus Darmono, Humas DJP Sum-Sel dan Kepulauan Bangka Belitung.

Well, tidak semua wajib pajak ‘wajib’ bayar pajak. Koq? “Kan kita punya ketentuan mengenai PTKP yaitu Rp.15.800.000 per tahun, belum lagi itu dipotong biayabiaya lain, misalnya mereka yang sudah berkeluarga,” jawab Iwan Hendrawan dari DJP Sum-Sel dan Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, yang perlu diketahui mengenai hak WP yaitu Wajib Pajak mempunyai hak untuk mendapat perlindungan kerahasiaan atas segala sesuatu informasi yang telah disampaikannya kepada Direktorat Jenderal Pajak dalam rangka menjalankan ketentuan perpajakan. Disamping itu pihak lain yang melakukan tugas di bidang perpajakan juga dilarang mengungkapkan kerahasiaan Wajib Pajak, hak atas Surat Pemberitahuan (SPT), hak untuk mengajukan penjelasan ketika diperiksa.

Wajib Pajak juga berhak untuk meminta keterangan jika mereka diperiksa “Setiap pemeriksaan harus menampilkan surat dan berisi nama Wajib Pajak yang akan diperiksa, jika tidak ada surat dan tanda pengenal, wajib pajak berhak menolak untuk diperiksa,” papar Iwan.

Bagaimana dengan kewajiban? Yunus menjelaskan bahwa kewajiban WP yang utama adalah melakukan pelaporan atas segala keterangan yang berhubungan dengan pelaporan SPT. Misalnya jika seorang bendahara suatu perusahaan tidak lagi ditempatkan sebagai bendahara, ia harus melaporkan hal tersebut sehingga urusan yang berhubungan dengan per pajakan, tidak dibebankan kepada dirinya. “Lapor dan awasi penggunaan pajak,” tutup yunus di bincang pajak setiap Rabu malam di Trijaya. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: