Walhi : Segera Realisasikan 30% Wilayah Kota Palembang Sebagai Kawasan RTH

PALEMBANG – Menyikapi Pemberlakuan Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) setiap hari sabtu dan minggu oleh Pemerintah Kota Palembang yang dimulai pada tanggal 25 April di Kawasan Kambang Iwak, dan selanjutnya akan diberlakukan di tempat-tempat startegis lainnya yang ada di kota palembang guna mengurangi Pemanasan Global, serta menyikapi pernyataan Walikota Palembang Ir. Eddy Santana Putra (tanggal; 28 April 2009) yang akan melakukan Pembebasan Lahan pada wilayah Simpang Empat Jalan Rajawali ( DAS Bayas ) 9 Ilir, guna diperuntukan kembali fungsinya sebagai Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) maka kami Wahana Lingkungan Hidup Indonesia ( Walhi ) Sumatera selatan mengapresiasi program serta rencana tersebut.

Dalam siaran persnya yang diterima hari ini, Hadi Jatmiko, Manager Pengembangan Sumber Daya Organisasi (PSDO) Walhi Sumsel mendesak agar Pemerintah Kota Palembang untuk sesegera mungkin membuat Peraturan Daerah (PERDA) tentang Pembatasan kepemilikan dan penggunaan kendaraan bermotor bagi setiap Individu atau Keluarga. Selain itu menurut Hadi, pihaknya juga mendesak Pemerintah Kota untuk sesegera mungkin membuat Transportasi Massal dan jalur pejalan kaki serta Pemakai Sepeda yang nyaman dan Ramah Lingkungan.

Disamping itu, Walhi juga menuntut Pemerintah Kota untuk segera mungkin mewujudkan 30 % dari luas kota Palembang untuk dijadikan Ruang Terbuka Hijau, sebagaimana telah diatur di dalam Undang Undang No 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang .

“Apabila hal ini tidak di realisasikan, maka kami akan melakukan gugatan terhadap Pemkot Palembang karena telah melanggar Undang undang,” tegas Hadi Jatmiko. (rilis/Fir)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: