Dinkes Gerak Cepat Antisipasi Flu Babi

PALEMBANG – Dinas Kesehatan Kota Palembang telah menyebarkan surat edaran kepada seluruh Puskesmas untuk mewaspadai masuknya wabah Flu Babi. Dalam surat edaran tersebut petugas pelayanan kesehatan diminta lebih cermat mendiagnosa setiap gejalan sesak napas yang disertai dengan meningkatnya suhu badan pasien.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr HjGema Asiani, Kamis (30/4) mengatakan dalam rangka mewaspadai menjangkitnya wabah flu babi ke Palembang pihaknya telah mengadakan sosialisasi kepada Puskesmas di Palembang.

“Jadi kami tekankan kepada petugas kesehatan untuk melaporkan hasil pemeriksaannya secepatnya jika ditemukan gejala-gejala panas disertai sesak napas, badan letih dan lesu dari pasien,” ujar Gema Asiani eraya mengaku pihaknya masih memiliki 7500 tablet Tamiflu bantuan pemerintah tahun lalu. Obat ini masih dapat digunakan untuk penccegahan lebih awal.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga bekerja sama dengan Badan Laboratorium Kesehatan (BLK) dan Kantor Pelayanan Pelabuhan untuk melaporkan setiap temuan adanya kemungkinan warga asing atau luar Palembang masuk ke Palembang yang bisa membawa masuknya virus flu babi tersebut.

Sedangkan masalah ternak babi, lanjut Gema Asiani diserahkan ke Dinas Pertanian untuk menanganinya. Tetapi tetap bekordinasi dengan Dinkes supaya lebih aman terutama memberikan pelayanan penyemprotan kandang babi yang ada di masyarakat. Atau memberikan vaksinasi kepada babi.

“Di Palembang ini tidak ada peternakan babi, yang ada hanya peredaran dagingnya,” jelas Gema Asiani. (Sripo/Bur)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: