Sedia Payung Sebelum Sakit

PALEMBANG – Bagaimana asuransi menurut Islam? Menurut Ustad Dikdik Sodikin dari Darut Tauhid Palembang, memang ada ayat yang mengatakan bahwa hal tersebut dilarang. Namun jangan lupa pula bahwa arti dari dilarang tersebut harus diinterpretasi secara bijak. “Allah meminta kita untuk tawakal dan ber ikhtiar, maka dilihat dari aspek tertentu, asuransi dapat termasuk dalam salah satu bentuk ikhtiar.”

Dalam mutiara sore Rabu (15/4) juga hadir Senior Manager PT Askes Kantor Cabang Utama Palembang, dr. Oni Jauhari, MM yang memberi penerangan mengenai sistem asuransi kesehatan di PT ASKES. “Askes menggunakan sistem gotong royong kepada seluruh pesertanya. Selain itu perlu diketahui bahwa Askes adalah satu-satunya LKBB yang tidak dituntut untuk membagi dividen kepada pemerintah”.

Mulai beberapa tahun lalu, PT Askes sudah tidak lagi diwajibkan memberikan dividen kepada pemerintah karena profit yang didapatkan oleh perusahaan yang menyelanggarakan asuransi kesehatan yang bersifat komprehensif bagi Pegawai Negri Sipil, Penerima Pensiun, Veteran dan Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya ; seluruhnya dimanfaatkan untuk dikembalikan kepada para peserta dalam bentuk layanan kesehatan yang maksimal.

Ustad Dikdik juga menerangkan bahwa mengasuransikan kesehatan tidak berarti sama dengan mengasuransikan jiwa “lagipula saat ini sudah kita kenal adanya asuransi yang menerapkan sistem syariah dalam proses bisnisnya, jadi jika memang mekanisme dalam asuransi itu dapat diterima, maka asuransi bisa diperbolehkan.” (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: