PNPM segera dikucurkan

PALEMBANG – Penanggung Jawab Operasional Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pedesaan Sumatera Selatan (Sumsel) Eliyani Rafidah mengungkapkan, hasil evaluasi PNPM tahun 2008 tingkat keberhasilan PNPM sudah mencapai 95%.

Meskipun begitu masih ada 5% penyaluran dan pendanaan diduga telah terjadi penyimpangan. “Secara umum tingkat keberhasilan PNPM sudah cukup memuaskan, mencapai 95%, sehingga program tersebut tetap dilanjutkan. Namun masih ada juga penyimpangan dan proyek di masyarakat yang terbengkalai,” ungkap Eliyani di sela rakor penyaluran PNPM Pedesaan di Sumsel 2009 di Hotel Swarna Dwipa Palembang kemarin.

Namun sayangnya, Eliyani tidak menyebutkan program apa dan berapa pendanaan yang diduga terjadi penyimpangan. Hal itu secara teknis telah diserahkan kepada Musyawarah desa bersama konsultan yang ditunjuk. Namun dalam pelaksanaan, jelasnya, hal itu mungkin terjadi seperti kualitas proyek yang tidak baik.

Setiap kecamatan akan memperoleh Rp1 miliar–Rp3 miliar dan diperlukan dana sharing dari pemerintah pusat dan daerah dengan alokasi 80% dana pusat dan 20% dana APBD kabupaten. Sedangkan Pemprov Sumsel menyediakan dana pendamping yang dianggarkan dari APBD Sumsel senilai Rp1,43 miliar atau 1% dari total BLM 2009.

Dia menambahkan, masyarakat di satu desa akan memetakan kebutuhan masing-masing dan dilakukan pemeringkatan mana yang menjadi prioritas untuk dikerjakan.

Adapun penyaluran dana PNPM Pedesaan itu sebagai upaya penanggulangan kemiskinan seperti penyediaan sarana dan prasarana jalan, penanggulangan air bersih,penyediaan posyandu, beasiswa kepada anak kurang mampu. Atau juga usulan simpan pinjam bagi perempuan dan lainnya. (SI/Fatur)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: