Elpiji 3 Kg Langka

PALEMBANG – Sejumlah Agen gas elpiji 3 kg di Palembang mengeluh karena semakin minimya stok mereka miliki, sementara permintaan untuk gas elpiji semakin besar.

Nina Hikmah, Wakil Ketua Himpunan Wiraswasta Gas dan Minyak (Hiswanamigas) Kota Palembang mengatakan di dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) antrian kendaraan pengankut elpiji sudah sangat panjang.

“Ini Pulau Layang dan Kalindo antrian truk pengangkut sudah sangat panjang,”ujar Nina , dalam Palembang 1st Channel di Trijaya FM. Kamis (16/4/2009).

Menurut Nina, antrian ini disebabkan saat ini konversi gas sudah bukan hanya di Palembang saja, tetapi sudah di lima Kabupaten lainnya. Sementara SPBE hanya disiapkan dua saja.

“Jelas ini sangat berpengaruh terhadap stok elpiji di 3 di Kota Palembang yang turun sampai 60 persen,”ujarnya. Selain itu, beberapa pengusaha sekarang jor-joran mengeluarkan semua angkutannya untuk antri di dua SPBE tersebut.

“Ada yang menyiapkan 13 angkutan truk antri itu untuk luar Palembang semua ini jelas jadi masalah,”ujarnya, Maka itu, Hiswanamigas akan mengatur soal jumlah antrian kendaraan maksimal setiap pengusaha hanya 2 truk, dimana satu truk berisi 600 buah gas elpiji 3kg.

Sementara juru bicara Pertamina Unit Pemasaran (UPms) II Palembang Roberth MVD mengakui jika Sumsel kekurangan SPBE , idealnya kata Robert Sumsel memilik 5-6 SPBE.

“Sekarang kita sudah tambah satu lagi, rencana bulan Juli-Agustus sudah bisa di operasikan,di daerah Musi II,”katanya. Dengan ditambahnya satu SPBE lagi, distribusi gas bisa sedikit diselesaikan.

Dan kedepan , kata Roberth 5-6 SPBE harus juga dibangun di Sumsel tapi itukan membutuhkan dana dan waktu yang panjang, paling tidak 2010 bisa terealisasikan.

Untuk solusi jangka pendek, pihak Pertamina sudah menambah jam operasioanl SPBE di Pulau Layang dengan menutup depot sampai pukul 23 .00 WIB.

“Biasanya kita tutup pukul 17.00 WIB,sekarang kita perpanjang agar bisa melayani distribusi gas 3 kg,”ujarnya. (Fir/Tempo)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: