Izin Prinsip Pembangunan TAA Turun

PALEMBANG – Sepertinya titik terang pembangunan kawasan Tanjung Api-Api (TAA) bakal menjadi kenyataan. Kini pemerintah provinsi Sumsel telah mengantongi izin prinsip dari Jakarta. Untuk itu, pemerintah daerah di awal Juni mendatang akan menggelar tender pemilihan konsultan yang akan mementukan calon investor yang akan membangu area industri Tanjung Api-api.

“Realisasi pembangunan TAA akan segera realisasi,” kata Kepala Bappeda Sumsel Ir Yohannes H Toruan kepada wartawan. Menurutnya, diterimanya izin prinsip dari Jakarta, kini langka berikut yang akan dilakukan adalah memilih siapa konsultan yang memiliki kemampuan dan terbukti secara internasional kinerjanya. Selama ini sudah ada 25 lebih konsultan yang mencoba menawarkan diri. Hanya saja, Sumsel hanya membutuhkan satu konsultan. Selanjutnya, Konsultan ini akan memilih siapa investor yang akan membangun kawasan TAA.

Dalam pelaksanaan pembangunan TAA, tidak akan ada tender proyek. Tetapi yang dilakukan adalah ssistem bauty contest, dimana pembangunan TAA tidak menggunakan dana APBD dan APBN akan tetapimenggunakan dana invsetor. “Masa uang investor akan kita tenderkan. Ya tidaklah,” katanya.

Sesuai rencana, September 2009, konsultan sudah mendapatkan investornya sehingga pada awal 2010 pembangunan satu paket TAA (pelabuhan dan (double track) sudah bisa dilakukan yang dengan sendirinya 10.000 lebih tenaga kerja akan terserap. “Pak gubernur minta pembangunan TAA dipercepat. Percepatan yang dilakukan sesuai dengan prosedur, transparan,” katanya.

“Kita tidak mau ada investor yang dapat izin, lalu menjualnya kembali ke investor lain. Atau cari pinjaman ke bank. Pak Gubernur ingin investornya betul-betul mampu dan teruji,” katanya. (sripo/Fatur)

    • islamarket.net
    • April 13th, 2009

    sapa tuh investornya? hayo ngaku!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: