Mari Siaga

PALEMBANG – “Jangan cuma liat tampak muka aja, karena meskipun kita merasa bahwa Palembang adalah kota yang maju, namun masih sangat banyak wilayah-wilayah yang belum dibangun,” ujar Siti Fauziah, Kasi Jaminan Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Palembang.

Karena itulah, pemerintah mencanangkan adanya desa / kelurahan siaga agar fasilitas kesehatan dapat disediakan bagi masyarakat secara merata. adanya desa/kelurahan siaga ini diatur oleh keputusan menteri. Pembentukan desa/kelurahan siagar ini agar semua permasalahan dasar kesehatan di masyarakat dapat tertangani dengan cepat.

dalam Healthy Center, edisi Jumat (3/4) itu, Siti Fauziah mengungkapkan bahwa dalam pembentukan desa siaga, pemerintah akan menjadi fasilitator bagi warga. kenapa fasilitator? karena dalam pembentukan desa/kelurahan siaga, partisipasi masyarakat lah yang akan menjadi rusuk bagi terwujudnya desa/kelurahan siaga ini.

Ada 4 strategi dalam mewujudkan visi masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat, yaitu menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan bekualitas, meningkatkan sistem surveilans, monitoring dan informasi kesehatan serta meningkatkan pembiayan kesehatan. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: